40 Puskesmas di Subang Diduga Tidak Miliki IPAL

by -646 views

Jejakkasus.info l Provinsi Jabar – Kabupaten Subang – Dari kurang lebih 40 jumlah Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat (Jabar) dengan 23 berstatus rawat inap dan 17 berstatus rawat jalan diduga tidak mempunyai IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) dan itu dibenarkan Komar, Kepala Bagian Seksi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (4/4/2019) di ruang kerjanya.

“Pada dasarnya IPAL itu seharusnya ada secara aturan (wajib) dan pihak pemda (pemerintah daerah) Kabupaten Subang sebenarnya sudah tahu tentang hal ini, karena dari tahun kemarin pihak Puskesmas sendiri sudah mengajukan anggaran untuk pembuatan IPAL,” terangnya.

Selanjutnya Komar menerangkan beberapa persyaratan untuk memenuhi adanya IPAL, salah satunya adalah ketersediaan lahan yang harus disediakan oleh pihak Puskesmas. “Pengajuan anggaran IPAL yang dari tahun lalu sudah diajukan sampai saat ini masih belum terealisasikan, dan diperkirakan besar anggaran IPAL untuk setiap Puskesmas senilai kurang lebih Rp. 600 juta,” terangnya lagi.

Selama ini untuk pengelolaan limbah padat semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Subang sudah bekerjasama dengan pihak ke tiga.

“Setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Subang dalam pengurusan IPAL khususnya Limbah yang sifatnya padat sudah bekerja sama dengan PT. Tenang Jaya yang bertugas mengangkut limbah padat di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Subang,” pungkasnya.

Laporan : Jejak Kasus Tim 9 Subang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *