83 Sertfikat Aset Pemerintah Diserahkan Kepala BPN ke Bupati Nias

Nias l Jejakkasus.info – Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Nias menyerahkan secara simbolis Sertifikat Aset Pemerintah Kabupaten Nias sebanyak 83 Sertifikat. Penyerahan tersebut di Laksanakan di Aula Serbaguna, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias yang diterimas langsung oleh Bupati Nias Yaatulo Gulo, Kamis (06/01/2022).

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Nias Mahyu Danil menyampaikan bahwa selain Penyerahan Sertifikat Aset Pemerintah Kabupaten Nias, pihak BPN juga menyerahahkan secara simbolis Sertifikat Lintas Sektoral sebanyak 49 Sertikat, Sertifikat Retribusi Tanah sebanyak 1.000 Sertifikat dan Program PTSL 1.942 Sertfikat.

“Kegiatan yang berhasil kita selesaikan di Kabupaten Nias sepanjang Tahun 2021 dalam Program Strategis Nasional sebanyak 3.074 Sertifikat. Yang meliputi 83 Sertifikat Aset Pemerintah Kabupaten Nias, Sertifikat Lintas Sektoral sebanyak 49 Sertikat, Sertifikat Retribusi Tanah sebanyak 1.000 Sertifikat dan Program PTSL 1.942 Sertfikat” Ujar Kepala BPN Nias.

Lanjutnya, Sertifikat yang diserahkan tersebut merupakan Sertfikat yang sah secara Hukum yang telah diselesaikan dan diterbitkan pihak Petugas di Kantor BPN Kabupaten Nias. Sertifikat merupakan bukti sah atas Kepemilikan atas Tanah atau Lahan. Tanpa adanya Sertifikat sebagai tanda bukti hak Hukum atas Tanah yang dimiliki seseorang, maka sengketa Tanah sangat mungkin terjadi. Untuk menjamin bukti Hukum atas hak Tanah Masyarakat maka Pemerintah mengadakan Progran PTSL (Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap) yang juga telah terlaksana di Wilayah Kabupaten Nias.

Sementara itu Bupati Nias Yaatulo Gulo menyampaikan terimakasih atas kerjasama BPN Kabupaten Nias dan Pemerintah Kabupaten Nias dalam Program Penerbitan Sertfikat Tanah melalui Program Strategis Nasional.

“Permasalahan tanah merupakan persoalan yang sangat Sensitif karena menyangkut Rakyat. Sebab Sertipikat Tanah hak Milik menjadi sangat penting untuk memberikan kepastian Hukum bagi Masyakat. Untuk itu kami dari Pemerintah Kabupaten Nias siap mendukung dan akan menggandeng BPN Nias dalam Penerbitan Sertifikat Tanah melalui Program PTSL kepada Masyarakat di Kabupaten Nias” Ungkapnya.

Bupati Nias juga menjelaskan bahwa, pada Tahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten Nias mendapatkan Alokasi Penerbitan Sertfikat Tanah sebanyak 8.500 Sertfikat dari BPN Nias. dan Dirinya telah menginstruksikan kepada Camat maupun Kepala Desa di Kabupaten Nias untuk mensukseskan Program tersebut sehingga Masyarakat dapat terlayani dalam Pengurusan Sertfikat Tanah melalui Program PTSL” Harap Bupati.(TMZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *