9 Kepala Desa Dilantik Bupati Jombang Hj Mundjidah

oleh -16 Dilihat

Jejakkasus.info | Jombang -Jatim

Atas Nama Pemerintah Kabupaten Jombang, saya sampaikan selamat kepada 9 Kepala Desa yang dilantik pada hari ini. Terima kasih Seluruh komponen masyarakat yang telah menciptakan suasana aman, damai dan kondusif, sehingga Pilkades serentak pada 16 Desember 2020 lalu, berjalan sukses meskipun di masa pandemi covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sembilan Kepala Desa yang dilantik adalah Syamsudin Arief Desa Banjardowo, Kecamatan Jombang, Suwito Hadi Desa Madiopuro, Kecamatan Sumobito, Desa Saketi, Kecamatan Mojoagung Aries Firmansyah, Sugiyono Desa Wangkalkepuh, Kecamatan Gudo, Isnadi Desa Sukoiber, Kecamatan Gudo , Imam Baihaqi Desa Mojoduwur, Kecamatan Mojowarno, Samsul Huda Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Eko Ariyanto SH Desa Pulogedang, Kecamatan Tembelang dan Sudarwati Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh.

Bupati Jombang mengatakan, “Kami meyakini tanpa peran aktif semua pihak yang saling bersinergi dalam pemerintahan desa, berbagai pembangunan desa m aas maupun masyarakat tidak mungkin bisa terlaksana dengan baik. Semoga segala daya upaya yang saudara-saudara Dharmabhaktikan menjadi amal ibadah yang diridhoi Allah SWT,” tuturnya.

Bupati Jombang juga berpesan Kepada Kepala Desa yang baru dilantik, agar Kepala Desa bersama BPD bersatu padu dan bersama sama dalam melaksanakan pembangunan di desanya.

“Kepala desa harus mampu menyinergikan RPJMDes dengan RPJMD Kabupaten Jombang. Bersama perangkat desa, Kades harus mampu mengelola keuangan desa secara cermat berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Prinsip dasar yang harus dipegang dalam pembangunan desa yaitu pemberdayaan masyarakat dengan memberikan ruang yang luas kepada seluruh lapisan masyarakat,” tandas Hj. Munjidah Wahab.

“Terpilihnya saudara sebagai Kepala Desa, merupakan tonggak awal dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. Seiring dengan perubahan regulasi yang mengatur tentang desa, dimana desa saat ini tidak lagi hanya sebagai objek pembangunan dari pemerintah, tetapi sebagai subjek pembangunan. Konsekuensi dari hal itu, desa diberikan dana yang cukup besar untuk dikelola dan dimanfaatkan sebesar – besarnya untuk kepentingan masyarakat desa. Besarnya anggaran yang dikelola oleh desa harus mampu dimanfaatkan sebagai stimulan bagi pemerintah desa dan warga masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dan swadaya masyarakat desa, dengan semakin banyaknya tenaga kerja yang terserap, maka pengangguran di desa akan berkurang, urbanisasi juga akan turun, desa semakin maju, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli desa”, tandas Bupati Mundjidah Wahab.

Pengelolaan Dana Desa saat ini tengah menjadi perhatian serius dari berbagai pihak, termasuk dari aparat penegak hukum. Oleh sebab itu Bupati mengharapkan seluruh stakeholders desa, terutama OPD terkait yang mempunyai fungsi pembinaan, pengawasan, dan pemeriksaan atas penyelenggaraan pemerintahan desa agar asecara bersama – sama dan bersinergi melakukan pembinaan, mengarahkan, dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan desa sehingga terwujud tata kelola pemerintahan desa dan tata kelola keuangan desa yang berkualitas, dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan sampai ada kepala desa yang terjerat hukum akibat salah dalam mengelola dana desa.

Terakhir Bupati pesan agar Kepala Desa segera bertindak cepat dalam mendukung kebijakan pemerintahan Pusat, pemerintahan Provinsi dan pemerintahan Kabupaten dalam percepatan penanggulangan covid-19. Dengan terisinya kades terpilih ini, setiap desa bisa segera menentukan langkah kebijakan terlebih pada masa pandemi covid- 19 ini, sehingga penanganan covid- 19 bisa lebih cepat di tiap desa dan warga tidak resah. Dan jangan pernah lelah untuk sosialisasi kepada warga masyarakatnya tentang pentingnya menerapkan Protokol Kesehatan 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) dimanapun dan kapanpun kita berada, karena perlu kita ingat bahwa pandemi covid-19 belum berakhir( Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.