Armada Minim, Persoalan Sampah akan Sulit Teratasi dengan Maksimal

Kaur-Bengkulu l Jejakkasus.info – Minimnya kendaraan pengangkut sampah, serta rendahnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan menjadi penyebab utama lambannya penangan sampah di Kabupaten Kaur Propinsi Bengkulu, senin (7/11/2022).

Dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hendri Faizal, lambannya penanganan sampah tersebut dipengaruhi minimnya armada angkutan sampah baik roda empat maupun roda dua, ditambah lagi masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, sehingga sampah tidak bisa diatasi dengan maksimal.

Saat ini Dinas Lingkungan Hidup hanya memiliki satu unit kendaraan roda empat yang masih beroperasi, itupun statusnya pinjam pakai dari Dinas Perindagkop.”untuk kendaraan roda empat hanya ada satu unit dam truck, sedangkan untuk kendaraan motor roda tiga Kondisinya rusak, jadi tidak dapat berfungsi dengan baik,” jelasnya.

Dengan jumlah armada yang dimiliki sekarang ini, Hendri Faizal pesimis persoalan sampah di Kabupaten Kaur akan dapat teratasi secara maksimal, apalagi wilayah kerjanya cukup luas.

Guna mengatasi kekurangan armada tersebut, Ia mengaku ditahun anggaran 2023 mendatang pihak sudah mengajukan usulan penambahan kendaran angkutan baik roda empat maupun roda dua.

Selain itu kedepannya DLH juga telah meprogramkan untuk menempatkan Tempat Penampungan Sampah Sementara TPS disetiap kecamatan, yang nanatinya akan didukung dengan dam ARM ROLL Truck sebagai sarana pengangkutan dari setiap TPS, dengan begitu, persoalan sampah dikaur optimis dapat tuntas ditahun 2023 mendatang, ungkapnya. (Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *