Babinsa Koramil 03/Buduran Kodim 0816/Sidoarjo Pelda Sonny Sj

by -1,087 views

Jejakkasus.info | Buduran – Babinsa Koramil 03/Buduran Kodim 0816/Sidoarjo Pelda Sonny Sj, Berserta Bhabinkamtibmas dan Kades Desa Buduran memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan kepada anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat) setempat Desa Buduran Kec. Buduran Kab. Sidoarjo TA 2019. Minggu (17/02/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Buduran Kec. Buduran Kab. Sidoarjo.

Babinsa Koramil 03/Buduran pelda Sonny.Sj mengungkapkan bahwa pembekalan tersebut dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para anggota Linmas dalam rangka menghadapi Pilpres Ta 2019.

“Linmas juga merupakan salah satu mitra Koramil. Keberadaannya sangat strategis dan sangat membantu Babinsa, sehingga dengan pembekalan ini kualitas dan kuantitas Linmas dapat meningkat serta dapat membantu menciptakan kondisi masyarakat,” dan Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yg persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat. Ujar Babinsa

Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Indikator suksesnya pelatihan linmas adalah : (1) Meningkatnya kualitas SDM Linmas, (2) Menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, (3) Meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, (4) Meningkatnya Kesiap-siagaan Satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan (5) Meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Diharapkan masing-masing anggota Linmas dapat tercipta mental serta fisik yang tangguh dalam menghadapi tugas yang diembannya. “Sebagai anggota Linmas harus peka terhadap lingkungannya. Jadi saya himbau untuk para anggota Linmas, agar bisa melakukan deteksi dini dan lapor cepat kepada aparat terkait apabila menemukan kejanggalan di lapangan sehingga upaya cegah dini dapat dengan segera dilakukan,” tandas Babinsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *