Badan Permusyawaratan Desa(BPD) desa Kuala Tolak, kecamatan Matan Hilir utara, Merindak lanjuti arahan Pemeritah kabupaten dalam kegitan Pemekaran desa baru

oleh -4 views

Jejakkasus.info | Kalbar – BPD setempat udah usai gelar pengajian aspirasi masyarakat (Pegasus) Tiga wilayah Dusun yang Ada untuk tujuan pembentukan desa baru.

Disaksikan lansung wartawan .BPD Kuala Tolak mengelar rapat pagas terahir bertempat Kantor desa dusun dua lestari kamis 22 April 2021.
Ali Aspar, hadir pada saat itu, Kepala daerah desa kuala tolak, kapolsek Matan Hilir utara,Banbinsa desa kuala tolak, tokoh agama,tokoh pemuda,tokoh masyarakat,tokoh Perempuan, Dan seluruh perakat desa Kuala Tolak, ketua BPD, Ali Aspar sebagai kepala daerah( PJ) desa kuala Tolak, Dedy Arman dalam forum rapat pages sebagai pemandu dan Pengarah.

Pejabat kades Ali Aspar dalam sambutanya mengatakan,rapat pangilan gagasan dalam kaitan rencana pemekaran desa kuala tolak atau pembentukan desa baru. Sesuai amanat undang-undang desa mekanismenya pembentukan desa baru mesti diawali penjaringan aspirasi ditingkat Dustin dan hasil rapat dilampiri berita acara yang ditanda tangani para tokoh dan daftar hadir warga masyarakat.

Menurut Dedy Arman, Desa kuala Tolak dilihat dari luas wilayah kepadatan penduduk serta syarat farmil lainya. Berpeluang dimerkarkan atau bentuk desa baru.

“Pemekaran desa atau pembentukan desa baru bertujuan percepatan pembangunan desa dan penddkatan pelayanan pemerintahan dan masyarakat.
Pemekaran bukan sebagai pemisah hubungan sosial dalam ikatan budaya lokal dan relasi persaudaran atau kerebatan komunitas desa Kuala Tolak yang dibangun utuh saat ini.
Secara budaya kita tetap satu namun dalam pelayanan pemerintahan, desa baru akan mengatur rumah tangga sendiri atau otonom”urainya

Ketua BPD, Dedy Arman dalam sambutanya menyampakan terimakasih atas kehadiran masyarakat dusun dua Lestari, dusun satu tegas dan dusun tiga Ampera,dan dusun empat ampera, undangan BPD. Mengikuti rapat pagas pemekaran Desa.

Menurut Ali Aspar “melalui pagas mengenai pemekaran desa baru,BPD Kuala Tolak,akan berjuang membawa aspirasi masyarakat ketingakat pemeritah atas,Rapat Pagas dusun dua lestari dan dusun satu tegas hari ini dihadiri cukup banyak warga masyarakat dan seluruh elemen tokoh masyarakat mari kita sama-sama berjuang ajak dedy Arman.

Rapat yang dipandu ketua BPD, dedy arman dibuka dalam tiga sensi untuk mendengarkan Aspirasi dan peryatan dukungan warga masyarakat dan para tokoh apakah setuju atau tidak Desa Kuala Tolak dimekarkan dengan menbentuk desa yang Baru yang berkedukan di dusun empat karya, sedangakan desa kuala Tolak beri bundesa di dusun 2 lestari sebagai mana pelaksanan pemerintahan sebelumnya.

Tiga sesi penyampaian aspirasi pemekaran desa, dari semua semua pembicara yang mengajukan aspirasi menyatakan setuju agar desa Kuala Tolak demekarkan atau pembentukan desa baru dengan pusat pemerintahan desa berkedudukan Di dusun tiga Ampera dan dusun empat karya,ditetapakan dalam musyawarah para tokoh dan masyarat di dua dusun tersebuat para tokoh sebagaimana pembicara dan menyatakan setuju pemekaran desa, di tikat Desa, Tim panetia pemekaran di Ketua Mudiman, wakil ketua Edi yuliansyah, seketaris Jolfi Dermawan, dan Muhamad toni sebagai tim inti.

Tokoh Pendidikan Sabirin Menyampaikan aspirasinya kepada BPD. Yang membangiun fisilitasi dan membuka dialog bersama masyarakat mendengarkan aspirasi masyarakat hari ini harus diteruskan BPD sebagai lembaga sebagai penyalur aspirasinya masyarakat kepemerintah atas, mari kita sama-sama desa baru dibentuk”ucapanya

Tokoh Pendidikan Sabirin juga menyatakan sepakat dengan pembicara awal mengenai persetujuan pemekaran desa Kuala Tolak harpanya, segan dilakauakan pemeratan wilayah desa yang lebih tertip

Edi yuliansyah tokoh pemuda menyatakan, dalam persiapan permerintahan desa baru mesti pula disertakan sumberdaya manusia(SDM) perangakat desa yang mampu berkerja menjalankan roda pemerintahan, membangun dan pelayanan kemasyarakatan.
Pembangunan sarana dan fasilitas umum desa persiapan

Pejabat kades Ali Aspar setelah mendenagar aspirasi Dan persetujuan adanya pembetukan desa baru, berjanji setelah rapat pages dusun dua Lestari, Dusun Dusun tiga Ampera, segera melakukan konsultasi dengan Camat matan hilir Utara Erdinan s.pd ,Dan dinas pemberdayaan masyarakat dan desa, dan bupati Martin Rantan S.H M. Sos

Ali Aspar menyebutkan data kependudukan di desa kuala Tolak per April 2021:desa ini memenuhi 1329 Kepala keluarga dengan jumblah penduduk 4559 jiwa, dia
Mengharapakan kepala keluarga dan angota keluarga yang nebeng tinggal dirumah mertua atau kepala keluarga lain harus membangun Rumah sendiri, dan hidup mandiri syarat dalam undang-undang NO, 6 tahun 2014, 300 Kepala keluarga, 1500 jiwa.

Dalam perjuangan pembentukan desa baru, seluruh kompenen masyarakat harus bersatu dan jagan pernah mengeluh persiapan wilayah Desa, batas desa dan hak atas kepemilikan tanah masyarakat Desa, batas tanah masyarakat harus jelas, dan persyaratan admitrasi lainya mesti disiapakan secara baik, kita berd’oa memita tuhan agar perjuangan kita bersama boleh terwujut aspirasi pemekaran akan saya kustisikan dengan pemerintahan kabupaten Ketapang proses pengajuan pemekaran juga akan firmasikan kepada wartawan untuk dipublikasi Media menyusul perjuangan pemekaran udah di bentuk panitia pemekaran desa kuala tolak.dan untuk proses makanisme pemekaran ini ada tiga tahapan, tahap satu di awal dari musyawarah desa tingkat desa, tahap dua mesyawarah desa bersama tim kabupaten dan dilakukan melalui perhubungan ketapang kepada gebernur untuk mendapatkan nomor register desa persiapan katanya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *