Bangunan SDN Kubang 1 Kekurangan Guru dan Ruang Kelas

by -622 views

Jejakkasus.info | Provinsi Jabar – Kabupaten Cirebon – Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendik bud) Nomor 17 tahun 2017, diantaranya pasal 24 yang berbunyi, jumlah peserta didik dalam satu kelas berjumlah paling sedikit 20 peserta didik dan yang paling banyak 28 peserta didik.

Namun, kenyataanya sekolah setiap ruang kelas diisi 35, 40 hingga 45 orang per ruang kelas dan bahkan pergantian kelas, sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tidak nyaman.

Ironisya, Mendikbud mengeluarkan Permendikbud Nomor 17 tahun 2017 pasal 24 itu tidak di barengi bantuan sarana RKB. Tak ayal, hal itu dikeluhkan kepala sekolah di Kabupaten Cirebon.

Kepala SDN Kubang 1 Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat (Jabar), meminta ada tambahan ruang kelas, . Memiliki 4 ruang kelas, dan harus melayani 269 peserta didik, sehingga KBM dilakukan 2 shift pagi dan siang.

Padahal Kepala SDN Kubang 1 sudah mengusulkan setiap rapat tidak ada respon selama 4 tahun lamanya.”Tidak ada tanggapan oleh pemerintah. Saya juga pernah mengajukan kepada pak Fras yang di Disdik Kabupaten Cirebon.dia menjawab SDN ini harus di bangun RKB. Melalui dana dari pusat, papar Kepala SDN Kubang 1 menirukan ucapan pegawai Disdik Kabupaten Cirebon, Selasa (12/02/2019) diruang kerjanya.

 

Kepala SDN Kubang 1 saat mengaku kekurangan ruang kelas dan guru, karena hanya memiliki 4 lokal. Itu pun yang sudah lapuk di makam usia. “Plafon dudah bolong dan bocor. Sedangkan wajib melayani 269 siswa. Akibatnya, sekolah terpaksa melaksanakan KBM pada pagi dan siang,” ujarnya.

“Dengan demikian. tentunya sekolah kami kekurangan ruang kelas dan guru perlu melakukan rehabilitasi,”ujarnya lagi.

Laporan: Agus Junalim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *