Benih Padi Berkualitas Dikaur Minim, Dispertan Bina Kelompok Tani Hamparan.

by -135 views

Jejakkasus.info | Bengkulu -, Produksi benih bersertifikat atau bermutu di Kabupaten Kaur masih minim, sementara kebutuhan benih dengan luas lahan sawah 5591 hektare mencapai 350 ton, dan saat ini Balai Benih Unggul BBU hanya mampu produksi 80 ton benih per tahunnya, jelas Kepala Dinas Pertanian Nasrur Rahman S. Hut (28/01/19).

Minesnya produksi padi oleh BBU dikarenakan luasan lahan tempat penakaran dengan jumlah luas sawah di kaur tidak imbang, “luas tempat penakaran di BBU hanya satu hektare, sedangakan kebutuhan benih mencapai 350 Ton, katanya.

Kondisi itu membuat masyarakat daerah ini kesulitan untuk memperoleh benih unggul, bahkan petani banyak menggunakan benih padi dar hasil panen sendiri untuk dijadikan bibit saat musim tanam berikutnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ditahun 2019 ini Dispertan Kabupaten Kaur akan membina hamparan kelompok tani di sejumlah wilayah daerah ini, untuk dijadikan lokasi penakaran agar nantinya kebutuhan petani akan bibit berkualitas berangsur angsur dapat terpenuhi, ungkap Nasrur.

“Selama ini masyarakat hanya berharap dan bergantung pada bantuan benih dari Pemerintah Pusat atau dengan cara membeli di toko tani untuk mendapatkan benih padi, padahal benih yang berkualitas sangat mempengaruhi dengan hasil penen para petani, oleh karena itu kami akan bekerja keras untuk mengatasi hal tersebut, jelasnya.(Iwan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *