BPBD Bondowoso menghimbau Waspada Bencana, Jika Ada Ancaman Hidrometeorologi Segera Telpon Call Center 

Berita – Jejakkasus.info -,Bondowoso – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso mengingatkan seluruh masyarakat di Kabupaten Bondowoso untuk mewaspadai potensi bencana. Mengingat saat ini tengah memasuki musim hujan, masyarakat dihimbau untuk selalu waspada.

Selain itu,BPBD juga menghimbau untuk tetap memantau informasi cuaca serta kebencanaan instansi terkait. Pasalnya, potensi adanya bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Bondowoso dapat terjadi sewaktu-waktu.

Adapun bencana Hidrometeorologi itu seperti hujan deras, angin puting beliung, banjir dan tanah longsor.

Kalaksa BPBD Bondowoso, Dadan Kurniawan menerangkan bahwa potensi rawan bencana tersebut tersebar di sejumlah titik. “Bencana banjir tersebut yang rawan terjadi di Kecamatan Bondowoso, Botolinggo, Cermee, Grujugan, Klabang, Prajekan, Tapen, Tenggarang dan Tlogosari. Angin puting beliung hampir semua rawan di Bondowoso, “jelasnya. Selasa (18/10/2022) dipendopo Bupati.

Selain itu, Dadan mengatakan bahwa juga bencana tanah longsor berpotensi terjadi wilayah. “Seperti di Kecamatan Binakal, Curahdami, Grujugan, Ijen, Klabang, Maesan, Pakem, Sumber Wringin,Taman Krocok, Tlogosari dan Wringin, “katanya.

Dadan juga mengatakan, menyambut anomali cuaca dan mengantisipasi ancaman bencana tersebut, penting keberadaan Desa Tangguh Bencana (Destana). Diharapkan kepada masyarakat yang tergabung dalam Destana selalu siap siaga menyambut anomali cuaca melalui mitigasi di desanya masing-masing. “Seperti mengenali daerah rawan bencana di wilayahnya, menyusun rencana evakuasi, menyiapkan tempat mengungsi, dan rajin memantau berita kondisi cuaca, “ujarnya.

Apabila masyarakat mengetahui adanya ancaman atau terjadi bencana Hidrometeorologi, kata Kalaksa red) seperti banjir, angin kencang, tanah longsor dan bencana lainnya. “Masyarakat segera melaporkannya ke posko siaga darurat bencana di Kabupaten Bondowoso atau bisa langsung telepon di Nomor Call Center Kebencanaan (0332) 432550 / 0813-3198-8998, “pungkasnya. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *