BPBD Gandeng Tagana Pringsewu berikan Ilmu Kebencanaan

Pringsewu_Jejakkasus.info

Pekon Panggungrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu menjadi lokus Kegiatan Karya Bhakti TNI tahun 2022, dan salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Pelatihan Tanggap Bencana Skala Lokal Pekon/Desa hasil kolaborasi Badan Penanggulangan Bencana ( BPBD) dan Taruna Siaga Bencana ( TAGANA) Kabupaten Pringsewu yang berlangsung di Balai Pertemuan Pekon setempat, Kamis (01/12/2022).

Pelatihan menghadirkan narasumber 2 orang, Ananto Pratikno Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi dan Joko Supriyono Korwil Tagana Kabupaten Pringsewu yang juga dihadiri oleh Serda Suparman Babinsa Pekon Panggungrejo

Kepala Pekon Panggungrejo, Supartono mengatakan bahwa Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan Kapasitas SDM Pemerintah Pekon dan Unsur pemuda agar pemahaman tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana yang bisa saja terjadi di wilayah Pekon dan kapan saja.

“Kami mengundang warga masyarakat dan Aparatur Pekon sejumlah 30 Orang untuk mengikuti kegiatan ini agar bilamana ada suatu bencana itu, kami sudah siap dan dalam keadaan siaga,” kata dia.

Lanjut Ananto, bahwa pihaknya menyajikan Materi tentang Desa Tangguh Bencana yang diselingi dengan Lagu Lagu Edukasi Kebencanaan dan dibantu oleh 2 Personil Relawan Taruna Siaga Bencana ( Tagana) Kabupaten Pringsewu Imam Mutaqqin dan Nurman yang mengenalkan Ilmu Dapur Umum Lapangan ( Dumplap) serta mengajak Icebreaking dan menyemangati para peserta.

“Pada kesempatan itu juga dikenalkan Aplikasi InaRISK Personal merupakan aplikasi yang berisikan informasi tingkat bahaya suatu wilayah dan dilengkapi dengan rekomendasi aksi untuk melakukan antisipasinya secara partisipatif,” ujarnya.

Dijelaskan Ananto, Aplikasi ini disusun bersama antara pemerintah dan pihak lain yang memiliki pengalaman dalam edukasi kebencanaan di Indonesia.
“Sehingganya saya berharap kiranya Pemerintah Pekon agar bisa dengan kemampuan yang ada dapat segera membentuk Kepengurusan Desa Tangguh Bencana ( Destana) dan didukung dengan alokasi anggaran Dana Desa ( DD), ” Pungkasnya.

Bambang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *