Bupati Berharap Strategi Pemasaran Produk bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Nias Melalui Pelatihan Memiliki Keahlian

Nias l Jejakkasus.info – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias gelar kegiatan dalam rangka peningkatan pemahaman dan pengetahuan UMKM serta Kapasitas SDM UKM T.A. 2022 Kabupaten Nias, bertempat di Aula Paroki Kristus Raja Gido, Jl. Pastoran No.3 Hiliweto Gido, senin. 19/09/2022.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Nias, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias, Narasumber (Ajulio Padly Sembiring, ST., M.Com), Panitia Pelaksana Kegiatan, dan Seluruh Peserta Kegiatan (Pelaku UMKM).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias yakni, PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK BAGI PELAKU UMKM dan PELATIHAN KULINER BAGI PELAKU UMKM, dimana waktu pelaksanaannya selama 7 (tujuh) hari.

Dalam Laporannya, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias Firmina Halawa, S.E. mengatakan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para pelaku UMKM dalam melakukan strategi pemasaran baik media offline maupun online, meningkatakan kualitas produk yang aman dan terjamin.

“Dengan pelaksanaan pelatihan ini diharapkan agar para pelaku UMKM mampu menganalisa permasalahan yang dihadapi dan keterbatasan yang dapat menghambat pemasaran produk, kemampuan untuk mengelola sumber daya lokal sehingga menambah penghasilan dan juga dapat membuka lapangan pekerjaan” jelas Firmina Halawa.

Untuk diketahui bersama bahwa Anggaran Kegiatan Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Bagi Pelaku UMKM bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Mikro, dan Kecil (PK2UMK) T.A. 2022 Kabupaten Nias.

Selanjutnya, Kegiatan Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Bagi Pelaku UMKM diikuti oleh Pelaku UMKM di Wilayah Kabupaten Nias berjumlah 25 orang, waktu pelaksanaan Senin s.d Rabu (19 s.d 21 September 2022) sedangkan Pelatihan Kuliner Bagi Pelaku UMKM di Wilayah Kabupaten Nias berjumlah 27 orang, waktu pelaksanaan Kamis s.d Sabtu (22 s.d 24 September 2022), bertempat di Aula Paroki Kristus Raja Gido, Jl. Pastoran No.3 Hiliweto Gido.

Sementara itu, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si dalam arahannya menyampaikan bahwa pelatihan merupakan sesuatu proses Pendidikan jangka pendek dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir sehingga peserta pelatihan memiliki pengetahuan Teknik pengerjaan dan keahlian untuk tujuan tertentu.

“Salah satu faktor kegagalan wirausaha adalah kurangnya memiliki kemampuan pemasaran dan tidak mampu melihat atau memanfaatkan peluang yang ada sehingga dapat mengakibatkan fokus tujuan tidak jelas, daya saing lemah, tidak bisa meminimalisir resiko” ungkap Bupati Nias

Pada kesempatan tersebut, Bupati Nias berpesan kepada Penyelenggara Kegiatan dan Para Peserta (Pelaku UMKM), yaitu:

1.Kepada penyelenggara kegiatan ini bukan sekedar kegiatan menghabiskan anggaran tetapi berkelanjuatan bagi perkembangan UMKM di Kabupaten Nias.

2.Kepada Narasumber kiranya memberikan totalitas kemampuan dan pengetahuannya yang dimiliki sehingga peserta mampu memahami apa yang disajikan.

3.Kepada para peserta diharapkan mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh supaya pengetahuan yang didapat dari pelatihan ini dapat diimplementasikan pada usahanya masing-masing. (TZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *