Bupati Bondowoso Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke- 94 TH

Berita – Jejakkasus.info | Bondowoso – Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke- 94 Tahun 2022, Kabupaten Bondowoso, dipimpin langsung Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin, bertempat dihalaman Pemkab Bondowoso, Jumat, (28/10/2022).

Selain Bupati adir pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati, Sekda, Kajari,  TNI, Polri, Kepala OPD, para Pelajar dan organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Bondowoso.

Bupati Bondowoso, selaku Inspektur upacara, saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia. Mengulas kembali sejarah sumpah pemuda delapan puluh sembilan yang lalu tepatnya tanggal 28 Oktober 1928, ketika itu sebanyak 71 pemuda berkumpul dari penjuru tanah air, dan berkumpul di sebuah gedung di jalan Kramat Raya, daerah kwitang Jakarta. “Dalam pertemuan tersebut, mereka mengikrarkan diri sebagai Satu Nusa Satu Bangsa yaitu, Indonesia, dan 17 tahun kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945, “jelasnya.

Kemudian, Sumpah Pemuda dibacakan di arena kongres Pemuda ke -2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama, dan daerah, organisasi pemuda dari Sumatra seperti Jong Sumatranen Bond  diwakili oleh Mohammad Yamin, seorang Pemuda dari Sawah Lunto Sumatra Barat. “Dari belahan timur Indonesia diwakili oleh Johannes Leimena asal Ambon Maluku yang mewakili Organisasi Pemuda Jong Ambon, “terangnya.

Sementara dari madura diwakili oleh Katjasungkana, ada juga Cornelis Lefrand Senduk dari organisasi Pemuda Sulawesi, Jong Celebes. “Kita patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka sehingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya, “ujarnya.

Dikatakan, Presiden Pertama Indonesia, Bung Karno pernah mengatakan ” Jangan Mewarisi abu Sumpah Pemuda, tetapi warisilah Api Sumpah Pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indoensia yang sekarang sudah satu bangsa satu bahasa, dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir, “ujarnya.

Pihaknya juga patut bersyukur, dan berterima kasih kepada Bangsa Indonesia yang selama ini, memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan kepemudaan Indoensia. Pada bulan Juli 2017 yang lalu, pemerintah telah mendatangani Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2017  tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

Dijelaskan, melalui Peringatan hari Sumpah Pemuda yg ke 94 tahun 2022 , Kebangakitan pemuda Indonesia terus  digelorakan. “Bersama Pemerintah Daerah, Organisasi Kepemudaan dan sektor Swasta, semua bergandengan tangan, bergotong royong melanjutkan Api semangat Sumpah Pemuda 1928. Saatnya Kita Berani Bersatu untuk Kemajuan dan Kejayaan Indoensia, “pungkasnya. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *