Bupati KH. Salwa Apresiasi Pembentukan Satgas Komando Penanganan Bencana Alam di Kabupaten Bondowoso

Berita – Jejakkasus.info | Bondowoso – Pemerintah Kabupaten Bondowoso mengadakan rapat koordinasi lanjutan perihal kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi erupsi gunung ijen di Pendopo Bupati, Selasa (24/01/2023).

Bupati bondowoso KH. Salwa Arifin bertindak sebagai pembina/pengarah rapat menyampaikan apresiasi atas terlaksananya rapat koordinasi kesiapsiagaan menghadapi erupsi gunung merapi. Pembentukan Satgas ini bukan hanya untuk penanggulangan bencana erupsi gunung merapi, tetapi juga mencakup seluruh kemungkinan bencana alam yang terjadi di Kabupaten Bondowoso. “Dengan terbentuknya satgas ini, diharapkan semua anggota dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab,” jelasnya 

Selanjutnya, Wakil Bupati Bondowoso H.Bachtiar Rahmat menyampaikan, rapat koordinasi ini merupakan bentuk kesiapsiagaan kita dalam menghadapi bencana. “Harapan saya, struktur organisasi dalam kepengurusan kesiapsiagaan bencana alam yang akan dibentuk harus disesuaikan dengan aturan dan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 utamanya tentang mitigasi,” terangnya.

Sekali lagi saya tekankan sesuai dengan arahan Bapak Bupati, bukan hanya menghadapi kesiapsiagaan meningkatnya erupsi gunung ijen tetapi juga menghadapi bencana2 yang lain. “Tolong JOB Discriptionnya harus jelas, siapa berbuat apa, siapa yang bertanggung jawab dalam hal ini perlu dijelaskan dalam struktur organisasi sebelum di SK-kan. Struktur organisasi ini harus baku. Harus konsideran didalam pembentukan satgas kebencanaan, selain mengacu pada surat edaran Badan Geologi Kementerian ESDM terhadap meningkatnya gunung erupsi tetapi juga mengacu pada undang undang mitigasi sehingga semua satgas bekerja secara komprehensif. SK yang dibuat untuk semua bencana,” ujarnya.

Sementara Dandim 0822 menambahkan, dengan adanya SK yang terbit, semakin kuat dan taulah kita terhadap tugas kita masing-masing. “Kita harus tentukan kebencanaan apa yang harus kita sikapi, ke depan kita adakan simulasi agar kita tahu apa yang harus kita perbuat nanti,” pungkasnya.

Hadir dalam acara mendampingi Bupati tersebut, Wakil Ketua DPRD, Wakil Bupati, Dandim 0822, Perwakilan Kapolres, Kepala OPD terkait, Kapolsek, Danramil dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Bondowoso. (Yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *