Bupati Launching Internet Gratis di Ruang Publik

Tanjab Barat l Jejakkasus.info – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag secara resmi melaunching internet publik berupa layanan wifi gratis dalam rangkain kegiatan Ekonomi Kreatif Festifal (Ekraf Fest) yang dipusatkan di Alun-Alun Kualatungkal, Jumat malam (30/09/22).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, internet publik ini untuk menjawab kebutuhan infrastruktur telekomunikasi di era digitalisasi saat ini.

“Internet telah menjadi kebutuhan dalam mendukung berbagai aktifitas masyarakat. Sejak Agustus 2022 internet publik telah di uji cobakan di kawasan Alun-Alun dan Taman Persitaj (Siswa) hingga akhirnya secara resmi dilaunching hari ini,” tutur Bupati.

Bupati berharap layanan internet gratis ini tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat atas akses internet di ruang publik, namun juga dapat dimanfaatkan dalam mendukung ekonomi kreatif
“Saya harap masyarakat dapat memanfaatkan internet ini untuk hal-hal yang bersifat produktif, untuk berkarya, belajar, meningkatkan wawasan pengetahuan dan menunjang ekonomi kreatif yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilakukan pemerintah. Gunakan layanan publik ini dengan sebaik-baiknya dan jangan disalah gunakan,” harap Bupati.
“Layanan internet gratis ini bisa mendukung beberapa sub sector ekonomi kreatif yang ada seperti desain komunikasi visual, fotografi, desain produk, periklanan, aplikasi dan sampai pengembangan permainan. Sehingga kedepannya alun-alun bisa menjadi Taman Ekonomi Kreatif,” pungkasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sofian Kadry saat diwawancarai mengatakan bahwa layanan internet gratis ini merupakan terobosan dari Dinas Kominfo Tanjabbar selaku leading sector infrastuktur layanan internet dan intranet OPD. Berdasarkan hasil monitoring yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfo bahwa penggunaan layanan internet diluar jam kerja di masing-masing OPD cukup rendah.
“Saat ini setralisasi infrastuktur layanan internet dan intranet OPD melalui Dinas Kominfo. Karena minimnya pemanfaatan internet di luar jam kerja perlu adanya terobosan pemanfaatan layanan internet yang ada agar lebih termanfaatkan,” ujar Plt kadis kominfo

“Untuk memudahkan dan meningkatkan akses telekomunikasi sesuai misi ke-5 Bupati Tanjabbar maka kita sediakan layanan internet gratis di fasilitas umum yang saat ini telah diujicobakan di Alun-Alun dan Taman Persitaj,” terang Sofian Kadry.

Terkait waktu pemanfaatan, Plt Kepala Dinas Kominfo Tanjab Barat Sofian Kadry menyampaikan layanan internet gratis ini dapat dimanfaatkan masyarakat umum saat diluar jam kerja.

“Pemanfaatannya di luar jam kerja, hari Senin-Kamis Pukul 16.30 hingga Pukul 07.00 keesokan harinya, hari Jumat dimulai Pukul 13.30 hingga senin pagi pukul 07.00, untuk tahap uji coba awal guna mengukur penggunaan internet oleh masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas layanan internet gratis ini telah tersedia di Alun alun dan Taman Persitaj (Siswa), serta bila memungkinkan akan ditambah dititik keramaian lainnya,” jelasnya.

Di akhir keterangannya, Sofian juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Tanjab Barat untuk dukungan dalam penyediaan listrik pada menara internet.

“Ini juga di support Dinas Perakim untuk pasokan listrik menara pungkasnya.

(JUMRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *