Bupati Nias Hadiri Seminar dan Lunching Produk Kripik Pisang Gaenose dalam Rangka Perayaan Hari Pangan Nasional

Nias l Jejakkasus.info – Koperasi Konsumen Osseda Faolala Perempuan Nias gelar Seminar dan Launching Produk Keripik Pisang Gaenose bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Gido. Selasa, (25/10/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Sekda Kabupaten Nias, Kepala Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Utara atau yang Mewakili, Kepala Dinas yang menangani urusan Koperasi, UMKM dari Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Kepala Bagian Lingkup Setda Kabupaten Nias, Ketua TP.PKK Kabupaten Nias, Ketua Dekranasda Kabupaten Nias, Ketua DWP Kabupaten Nias, Segenap pengurus/pengawas/anggota Koperasi Osseda Faolala Perempuan Nias, Pimpinan Sinodal Denominasi Gereja/BKMT, Para Pelaku UMKM, Gerakan Nias Bersatu dan seluruh hadirin.

Pada bulan September 2022, Koperasi Osseda mulai merintis usaha baru yaitu produk keripik pisang Gaenose yang terbuat dari gae Siata Nias dengan berbagai varian rasa yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Usaha baru ini dirintis sebagai perwujudan pemanfaatan kekayaan pangan lokal guna meningkatkan kesejahteraan perempuan khususnya.

Langkah awal usaha ini mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Nias sebagai bagian pendampingan terhadap pelaku UMKM Kabupaten Nias. Oleh karena itu, melalui perayaan Hari Pangan Sedunia Koperasi Osseda melakukan dua kegiatan yaitu Launching Produk Keripik Pisang Gaenose dan Seminar Dengan Topik Memanfaatkan Kekayaan Pangan Lokal Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Perempuan.

Bupati Nias Yaatulo Gulo dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam peningkatan kesejahteraan, peran perempuan patut diapresiasi sebagai salah satu tonggak utamanya.

“kaum perempuan di Kepulauan Nias pada saat ini sudah mulai visioner, terarah dan produktif dalam meningkatkan kesejahteraannya. Salah satu buktinya adalah acara yang diadakan pada hari ini yaitu Launching Produk Keripik Pisang Gaenose” ujarnya

Adapun visi Pemeritah Kabupaten Nias adalah Kabupaten Nias Maju dengan misi Petani, Peternak, dan Nelayan Produktif. Pembangunan ekonomi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan memperhatikan peningkatan produksi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, serta pemberdayaan koperasi dan UMKM.

“keberadaan Koperasi Konsumen Osseda Faolala Perempuan Nias, yang melaksanakan Launching Produk Keripik Pisang Gaenose dan Seminar menjadi salah satu bentuk kegiatan yang mendukung terhadap ketercapaian misi tersebut” tegas Bupati Nias

Bupati Nias berharap agar apa yang telah dirintis oleh Koperasi Konsumen Osseda Faolala Perempuan Nias dapat menjadi Role Model peningkatan kesejahteraan perempuan di Kepulauan Nias sekaligus menginspirasi Para Stakeholder agar berkolaborasi bersama demi kemajuan dan peingkatan pendapatan perempuan Nias sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat kita. (TZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *