Bus Wisata Tampomas, Mendongkrak Ekonomi dan Wisata di Sumedang

by -642 views

Jejakkasus.info | Provinsi Jabar – Kabupaten Sumedang – Pemerintah Kabupaten Sumedang menjadi salah satu daerah penerima bantuan dua unit Bus Pariwisata dari Pemerintah Provinsi (Pemprov), Jawa Barat (Jabar).

Bentuk fisik dari Bus Wisata Perkotaan ini tidak jauh berbeda dengan Bus Bandros Bandung, yang membedakan hanya warna dan desainnya sedikit disesuaikan dengan budaya atau khas daerah.

Bus dengan desain unik ini diberi nama Bus Tampomas (Trans Moda Pariwisata Masyarakat Kota Sumedang) dan akan menjadi moda transportasi wisatawan menuju tempat-tempat wisata dan kuliner di Kabupaten Sumedang.

Satu unit Bus yang telah diterima tersebut merupakan sumber dari dana CSR Bank BJB yang penyalurannya menjadi jatah Pemprov Jabar kepada 13 kabupaten/kota di Jabar.

Siang tadi, Selasa (28/1/2019), Pemerintah Kabupaten Sumedang resmi meluncurkan Bus Tampomas tersebut.

Turut hadir dalam acara acara tersebut, Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir, Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, Sekertaris Daerah Kabupaten Sumedang, para Purna Bhakti Kepala Daerah dan Wakil sebelumnya, unsur Forkopimda, para Kepala SKPD dan Camat serta tamu undangan lainnya.

Bupati Dony dalam sambutannya mengatakan dengan adanya Bus Wisata tersebut tentunya akan menjadi salah satu daya tarik Kabupaten Sumedang dan semakin memudahkan para wisatawan yang datang, untuk berwisata ke tempat-tempat yang menarik sambil mencicipi makanan khas Sumedang yang tidak ada di daerah lain.

“Nantinya di Bus ini akan ada pemandu yang akan menerangkan tentang sejarah Sumedang dan akan berhenti dibeberapa titik tempat wisata. Mudah-mudahan ini akan menambah khasanah dan Budaya bagi masyarakat Kabupaten Sumedang serta bisa menjadi wisata unggulan di Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

Ditambahkan Bupati Dony Bus Tampomas, diharapkan pula dapat turut mendongkrak sektor ekonomi dan Pariwisata Sumedang.

“Wisatawan yang berkunjung ke Sumedang dan naik Bus Tampomas nanti akan dapat pengetahuan seputar sejarah Sumedang. Karena rutenya melalui sejumlah lokasi wisata dan wisata ziarah yang ada di pusat kota Sumedang. Seperti makam pahlawan nasional, Cut Nyak Dien, dan sejumlah objek wisata lainnya,” katanya.

Terkait dengan penentuan trayek, saat ini Pemerintah Kabupaten Sumedang tengah menggodok dan masih melakukan proses pengurusan administrasi yang akan diatur oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang bersama dengan pihak Organda.

Laporan: Rizal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *