Cegah Kejahatan Warga Bendan Duwur Terapkan Ronda Malam Di Kampung

oleh -38 views

Jejakkasus.info|JATENG

SEMARANG- Kekhawatiran masyarakat akan peningkatan kasus kejahatan saat pandemi virus Corona atau covid-19 warga Rt.02/ RW.01 Kelurahan Bendan Duwur Kota Semarang menghidupkan kembali ronda malam, namun pada masa pandemi seperti sekarang ini petugas ronda tetap mentaati Protokol Kesehatan yakni memakai masker dan menjaga jarak.
Kewaspadaan warga mentaati aturan Physical Distancing dan Social Distancing tetap diberlakukan warga sesuai himbauan ketua Rt.02 setempat .
Beliau juga mengikuti kegiatan ronda malam. Dalam kegiatan ronda malam ini petugas jaga ronda malam menjalankan patroli dengan berkeliling ke setiap rumah warga untuk mengambil jimpitan yang sudah di siapkan warga setempat.

Dalam keadaan pandemi Corona warga masyarakat juga memanfaatkan teknologi yang sudah ada, seperti Grup Whatsapp. Setiap rumah diminta mengawasi sendiri keadaan sekitarnya. Apabila ada yang mencurigakan, untuk segera melaporkan.

“Selain menggunakan kentongan, saat ini masyarakat telah lebih maju dengan memanfaatkan teknologi informasi. Hampir semua kepala keluarga memiliki grup WhatsApp. Kalau ada yang mencurigakan, bisa langsung disampaikan ke grup,” kata kepala keamanan Rt.02 Untung Rochani.

“Media komunikasi semacam ini dirasa cukup efisien untuk meningkatkan kewaspadaan warga. Warga dapat saling menginformasikan hal-hal yang mencurigakan, namun tetap hati-hati dan hindari menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya.” tambahnya.

(AD-JK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *