Dalam Bentuk Sinergitas Pemkab Situbondo Bersama TNI – Polri Gelar Rapat Kordinasi Untuk Kesiapan Pilbub

by -31 views

Situbondo | Jejakkasus.info – Dalam rangka kesiapan pengamanan pemilihan Bupati dan Wakil Bup Hbati Kabupaten Situbondo secara serentak, maka Pemkab Situbondo melalui Bakesbangpol adakan rapat koordinasi dan melakukan penandatanganan Pakta Integritas Pemilu Aman, Damai serta Taat Protokol Kesehatan Covid – 19 di gedung Aula Pendopo Situbondo, Kamis (10/9/2020).

Turut hadir Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, SH., beserta jajaran Forkopimda Situbondo, Kepala Bakesbangpol Situbondo Edy Wiyono, S.Sos., M.Si., seluruh Jajaran Forpimka Kabupaten Situbondo, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Situbondo menyampaikan bahwa Menkopolhukam mengkoordinir lembaga – lembaga penyelenggara Pemilu dan pengawas untuk menyikapi hasil tahapan Pilkada yaitu pendaftaran, dimana pada hari pertama pendaftaran ditemukan ada 141 pelanggaran protokol kesehatan dan hari kedua ada 122 pelanggaran, jangkauannya selama ini yang bisa diberikan sanksi adalah para incumben. Pada Pilkada serentak tahun ini, ada 56 orang incumben jika melakukan pelanggaran berdasarkan peraturan yang ada bisa dijangkau untuk diberikan sanksi berupa peringatan atau teguran. Persoalanya adalah yang tidak Incumben ketika melanggar masih belum ada aturannya, maka dari itu Menkopolhukam berdasarkan pesan presiden untuk mengingatkan agar mengambil langkah – langkah taktis dan strategis dengan mengumpulkan kepala daerah dalam rangka kualitas demokrasi Pilkada ditegakkan.

“Terkait kesiapan pemantapan keamanan pilkada Kabupaten Situbondo sudah siap. Tetapi yang dikhawatirkan salah satunya adalah munculnya klaster pilkada. Maka hari ini kita samakan persepsi untuk menyiapkan diri walaupun masih menunggu pemerintah pusat dalam membahas tambahan – tambahan regulasi penegakan disiplin protokol kesehatan Covid – 19,” jelas H. Dadang.

Lebih lanjut, beliau mengajak agar mengkaji kembali turunan Inpres Nomor 6 tahun 2020 guna mengatasi adanya kerawanan Covid – 19 selama pesta demokrasi berlangsung.

“Selama proses pendaftaran Bacalon , proses verifikasi hingga kampanye agar selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, selalu terapkan pola hidup sehat dan para partai pengusung bersama para calon Bupati dan Wakil Bupati Situbondo harus ada kesepahaman dalam pengendalivan jumlah rombongan massa,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut adalah bentuk sinergitas antara Pemkab Situbondo bersama TNI dan Polri.”(Hosni).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *