Dapat Dukungan Dari Pemda, 15 Guru PAI di Kaur Ikuti PPG di IAIN Curup

Kaur l Jejakkasus.info – Sebanyak 15 orang dari 57 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat sekolah dasar SD Dan sekolah menengah pertama SMP di Kabupaten Kaur yang lulus pre-test mengikuti Pendidikan Profesi Guru PPG di Insitut Agama Islam Negeri IAIN curup Kabupaten Rejang lebong.

Penyelenggaraan PPG tersebut terselenggara atas kerjasama antara Kantor Kementerian Agama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur atas dukungan pembiayaan, yang mana biaya peserta selama mengikuti PPG ditanggung oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan.

” Ya, berkat dukungan dari Pemerintah Daerah pada tahun 2022 ini 15 orang guru PAI untuk tingkat SD Dan SMP mengikuti program PPG gratis sebagai syarat sertifikasi, ke15 orang guru ini merupakan hasil seleksi dari 57 peserta yang lulus dalam pre test pada bulan mei lalu”, ungkap Arpan Kasi Papkis Kemenag Kaur diruang kerjanya 12 juli 2022.

Adapun Proses pelaksanaan seleksi 15 peserta PPG ini dilakukan berdasarkan beberapa kreteria penilaian, untuk PNS dilihat dari pangkat atau golongan dan umur, sedangkan bagi tenaga honor masa kerja dan umur.

Menurutnya, jumlah keseluruhan guru PAI sekolah umum yang lulus Pre- test di Kabupaten Kaur sebayak 69 orang dengan rincian 12 orang guru PAI tingkat SMA, dan 57 orang Sekolah Dasar SD dan SMP, untuk tingkat SMA menjadi tanggung jawab Pemprop Bengkulu, jelas Arpan.

Sedangkan dari pengakuan Sekretaris Pendidikan Kabupaten Kaur, Herlian Suhadi saat dikonfirmasi diruang kerjanya, mengatakan kerja sama penyelenggraan PPG Guru PAI umum secara gartis ini sudah dimulai ditahun 2021 lalu, kerja sama dukungan pembiyaan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Kaur, namun karena keterbatasan anggaran maka jumlah peserta pertahunya masih sangat terbatas.

“Ditahun 2022 ini ketersediaan anggaran dari Dinas Pendidikan untuk PPG guru PAI hanya untuk 15 orang, dari jumlah tersebut ada peningkatkan dari tahun sebelumnya. Untuk seleksi peserta PPG sendiri itu dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama, Dinas Pendidikan hanya menerima pengajuan dari Kemenag”, ucap Herlian.

Untuk peserta yang belum sempat mengikuti PPG ditahun 2022 ini, Pemkab Kaur melalui dinas pendidikan akan terus berupaya agar semua guru PAI umum yang lulus per test bisa mengikuti PPG ditahun 2023 mendatang, pungkasnya.

Iwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *