Desa Lologolu Kecamatan Mandrehe Juara I Desa Wisata Terbaik Di Nias Barat Tahun 2022

Jejakkasus.info l Nias Barat, Desa Lologolu Kecamatan Mandrehe, ditetapkan sebagai Juara I Desa Wisata Terbaik Kabupaten Nias Barat Tahun 2022 pada acara puncak pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah yang dilaksanakan di Ruang Rapat Aekhula Kantor Bupati Nias Barat, Rabu (30/11/2022).

Pemilihan Desa Wisata Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga merupakan kesinambungan dari rangkaian kegiatan sebelumnya, yaitu monitoring dan evaluasi potensi desa, penetapan Desa Wisata melalui Launching Desa, dilanjutkan dengan Pelatihan Manajerial Desa Wisata dan tahun ini diakhiri dengan Pemilihan Desa Wisata Terbaik Kabupaten Nias Barat Tahun 2022.

Plt. Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si., menjelaskan bahwa Pemilihan Desa Wisata Terbaik Kabupaten Nias Barat Tahun 2022 diawali dengan pembenahan dan persiapan dari masing-masing desa wisata, dilanjutkan dengan proses kurasi melalui kunjungan 3 orang juri/kurator dan tim pendamping ke 16 Desa Wisata, mulai tanggal 21 s.d 25 November 2022, dan Acara Puncak pengumuman pemenang pada Rabu Tanggal 30 November 2022 yang telah dilaksanakan dan berlangsung baik.

Untuk penilaian Desa Wisata Terbaik ini, lanjutnya, juri pertama yang dihadirkan berasal dari Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan, dimana salah satu desa wisata binaan telah berhasil masuk nominasi 50 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022. Juri kedua berasal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nias Barat, sebagai perangkat daerah terkait pemberdayaan desa dan juri ketiga berasal dari Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat.

Adapun yang menjadi kriteria penilaian adalah Daya tarik wisata, Fasilitas pendukung (toilet, warung makan, souvenir dll), Konten digital dan kreatif (media sosial dan promosi), CHSE (Cleanliness, Health, Safety,and Environmental Sustainability) serta kelengkapan dan tertib administrasi desa wisata tersebut.

Puncak Pemilihan Desa Wisata Terbaik tahun 2022 telah terlaksana dengan baik dengan dihadiri langsung oleh Bapak Bupati Nias Barat beserta beberapa pimpinan OPD terkait. Kegiatan ini juga dihadiri para Camat, Kepala Desa, Ketua Bumdesa dan Ketua Pokdarwis masing masing desa wisata yang menjadi peserta lomba.

Kegiatan ini juga ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Nias Barat oleh setiap kepala desa wisata, para Camat, Kepala OPD terkait dan disetujui oleh Bupati Nias Barat.

Pemilihan Desa Wisata Terbaik ini diharapkan menjadi stimulus yang mendorong semangat pengembangan Desa Wisata Kabupaten Nias Barat, demi terwujudnya Pemerintahan yang bersih, unggul dan maju.(TZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *