Diduga Septik Tank di Desa Air Itam Ujan Mas Asal Jadi dan Indikasi KKN

Bengkulu l Jejakkasus.info – Dinilai lambat progres pembangunannya, Keluarga penerima manfaat (KPM) mengeluhkan bantuan jamban sehat (septik tank) tahun anggaran 2022 yang bersumber dari dana Alokasi Khusus (DAK) dan dikerjakan oleh KSM Desa air hitam kecamatan ujan mas, yang namanya tidak di ketahui oleh masyarakat Desa , Kecamatan ujan mas Kabupaten kepahiang, provinsi Bengkulu.

Informasi di dapat, sebanyak 24 unit kurang lebih jamban sehat (septik tank), menurut keterangan warga yang mendapatkan bantuan jamban sehat tersebut cuma mendapatkan matrial .4 shak smen 200 buah batu batako dan seng seperti yang di jelaskan sedangkan dana tersebut mencapai puluhan juta rupiah per kepala keluarga.

Pantauan awak media di beberapa titik keluarga penerima manfaat septik tank di Desa air hitam kec ujanmas kab kepahiang, nampak progres pembangunan kamar closed belum seratus persen rampung.dan tidak sesuai RAB.

Sementaranya lubang tempat penyimpanan septik tank masih terlihat tidak beres dan di duga mark,uf.

Salah seorang penerima mamfaat bantuan Jamban sehat atau septik tank yang nama nya enggan di tulis mengatakan bahwa, pembangunan kamar closet di lakukan sejak tahun lalu dan progresnya sampai hari ini seperti yang bapak lihat. sementara untuk septik tank sendiri hannya di berikan barang seperti semen 4 shak .batako 200 buah seng 4 keping besi kurang lebih 4 batang dan dana mencapai puluhan juta pak ..

Ini semuah sudah di atur oleh kepala desa dan KSM nya pak, Kita masyarakat ini mau bagaiamana, kalau di kasi seperti itu ya kita terima saja. tapi untuk kelancaran bahan-bahan yang di kasi sampai sekarang tidak ada, jadi kita mau bagaimana lagi kecuali ada pertimbangan dari bapak mereka supaya cepat selesai,” ujarnya.

Sementara itu Pejabat pembuat Komitmen (PPK) tahun anggaran 2022 sumber dana Alokasi Khusus (DAK) dinas Pekerjaan umum atau dana Desa kita belum tahu pak sebap karenah tidak transparan pak .cobah bapak tanya dana apa itu pak. Sampai warga.

Saat tim Mengkonfirmasi ke tua Ksm melaui WhatsApp.

Informasi yg kita himpun bangunan trsebut tidak transparan,
Bsa krim papan informasi o pak

Jawab beliau
Ppn ifo nyo jauh dri tempat kito sank.

Hingga berita ini di terbitkan secepat nya tim koordinasi ke pihak dinas dan pihak hukum berikut nya supaya di kros cek dan di tindak lanjuti permasalahan ini.

(Yadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *