Direktur Litbang Jejak Kasus dan Istri, Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati

by -273 views

Jejakkasus.info | Direktur Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Jejak Kasus D. Heru Hartono,SH bersama istri Ani, didamping Kepala Perwakilan Jawa Barat (Jabar) dan Kepala Biro Cirebon Agus Junalim berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, Cirebon Jabar.

Direktur Litbang Jejak Kasus dan Istri, Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati

Rintikan hujan yang membasahi wilayah sekitar kompleks pemakaman tak menyurutkan semangat untuk berziarah dan menelusuri sejarah yang ada di Makam Sunan Gunung Jati.

Dengan dipandu Elang Upi dari Kraton Kesepuhan yang menjelaskan berbagai peninggalan dan perjalanan sejarah tentang Kesultanan Cirebon.

Menurut Elang Upi, Sunan Gunung Jati memiliki peran sangat penting bagi dunia Islam di Indonesia.
“Ini salah satu tonggak menyebarnya Islam di Nusantara. Kalau ibaratnya Islam itu cahayanya sudah mencakup ke seluruh nusantara, salah satu sumber cahaya itu dari sini,” ujarnya di Makam Sunan Gunung Jati, Senin (25/3/2019) pukul 02.00 WIB.

Islam datang dan menyebar ke seluruh penjuru nusantara dengan semangat perdamaian. Elang Upi mengajak masyarakat meneladani semangat Sunan Gunung Jati. “Bagaimana kayanya penghayatan spiritual, ketuhanan dan kemanusiaan yang tergambar dari semua sumber-sumber yang ada di sini dan kita harus meneladani itu,” tuturnya.

Sunan Gunung Jati bersama keluarga tidak sekadar menyebarkan Islam, melainkan juga membangun peradaban di kota-kota yang ada di sekitar Cirebon dan bahkan termasuk wilayah Batavia (Jakarta). “Jadi, seorang dai tidak hanya menyebarkan ajaran agama tapi dia harus berkontribusi membangun peradaban,” kata Elang Upi menambahkan.

Laporan: Erdan Faizal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *