Dua Ormas Pemuda di Kubar Tahan Ratusan Truk Koridoran

jejakkasus.info | Sendawar, Kutai Barat -Www Jejakasustv, Com Ratusan Truk tertutup terpal ditahan oleh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Laskar Pemuda Dayak Kalimantan Timur – Kalimantan Utara (LPDKT-KU) dan Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) Kutai Barat di Jalan Negara tepatnya di simpang Mentiwan Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak, Kabupaten Kutai Barat.

Truk-truk yang dikenal truk koridoran pengangkut batubara (diduga ilegal) yang bergerak siang malam itu diparkirkan sepanjang jalan dua jalur mentiwan ke arah pasar Olah Bebaya Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak, Kabupaten Kutai Barat.

Hal itu terjadi karena kedua ormas pemuda itu merasa gerah dengan aksi para sopir yang terlihat sembarangan mengemudi sehingga membahayakan pemakai jalan lainnya.

“Dampak dari kegiatan tersebut telah merusak sejumlah ruas jalan dan menganggu arus lalu lintas, sehingga sangat merugikan” ujar Ketua DPC LPDKT-KU Kutai Barat, Mulyati kepada wartawan di Melak. Sabtu 4/5/23 siang.

Lebih lanjut Mulyati menyebut akibatnya menimbulkan kerugian, serta bisa menimbulkan konflik.

“Sehingga sangat merugikan dan berpotensi terjadinya konflik antara masyarakat dan pengguna jalan,” tandas hasan.

Dalam ajsi tersebut Wanita yang adalah juga sebagai Kepala Adat Kampung Bentian Besar itu mengaku pihaknya menahan ratusan truk, namun dirinya menelan kekecewaan dikarenakan ratusan truk tersebut lolos begitu saja dan diduga ada oknum yang terlibat.

“Sedikitnya 100 truk bermuatan batubara yang sempat ditahan. Namun entah apa yang terjadi, karena sekitar pukul 16.30 Wita, truk-truk koridoran ini lepas dan jalan kembali,
Mungkin ada oknum yang terlibat dalam pelaku usaha ini,” keluh dia.

Mulyati berjanji akan menghadap Kapolri terkait masalah tersebut

“Oleh karena itu dalam waktu dekat saya akan mendatangi Kapolri untuk bercerita terkait maraknya hauling tambang ilegal menggunakan jalan umum,” tegas Mulyati.

Diketahui, kedua ormas itu melakukan aksi sejak pukul 13..00 WITA sampai 16.30 WITA. Pada saat truk bergerak dari tempat diparkirkan, kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke arah pelabuhan jetty Royoq di Sendawar Karangrejo, Kutai Barat tempat penumpukan batubara ( hsn Red/ tim Priyasakti)

Jk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *