Eks Tambang Milik Abet Diduga Merusak Kawasan Hutan Lindung dan Lingkungan Hidup

Bangka Barat I Jejakkasus.info – Abet warga Dusun Kebun Ubi, Desa Airgantang, Kecamatan Parittiga, Pelaku usaha tambang timah yang beberapa waktu distop karena diduga telah merusak fasilitas umum, harus dituntut atas perbuatannya sesuai dengan hukum yang berlaku, Jumat (18/11/2022).

Pasalnya Abet yang sudah menandatangani surat perjanjian (01/11) lalu, selalu saja berkilah dan mengatakan bahwa rusaknya gorong gorong itu disebabkan faktor alam,
” Ini sudah jelas karena adanya kolong tambang abet, sehinga gorong-gorong tergerus dan terkikis air, makanya rusak,”ujar warga yg tidak mau disebutkan namanya.

“Dulu sebelum ada kolong tambang abet ini, gorong-gorong ini tidak rusak-rusak” tambah warga itu dalam penjelasannya,Jumat(18/11).

Didalam surat perjanjian itu ada beberapa item yang harus dipenuhi, yang diantaranya adalah memperbaiki fasilitas yang sudah dirusaknya dan menutup kembali lobang kolong bekas tambang miliknya.

Selanjutnya media ini menguhungi saudara Abet melalui nomer hp,0823xxxxx99. Pelaku tambang ilegal yang diduga merusak fasilitas umum itu, sampai berita ini diterbitkan Abet belum bisa hubungi untuk diminta konfirmasi dan keterangannya, dikarenakan handphone selularnya tidak aktif.

Terkait hal tersebut diharapkan, Abet harus tetap memenuhi segala apa yang sudah disetujui dan ditanda tangani sesuai yang tertera dalam surat perjanjian itu, untuk memperbaiki fasilitas umum dan menutup kembali kolong bekas tambangnya.

Jejaring media ini akan terus melakukan upaya – upaya konfirmasi ke pihak – pihak terkait, berkenaan dengan tambang Abet yang diduga selain merusak fasilitas umum, tambang tersebut diduga telah menyisakan kerusakan lingkungan hidup dan kawasan hutan lindung tanpa mengantongi surat izin dari instansi terkait , sehingga sangat perlu media ini untuk melaporkan serta meminta konfirmasi ke pihak KPH JBA Kecamatan Parittiga,Jebus. supaya dilakukan penindakan selanjutnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *