Festival Dalang pelajar diikuti tingkat SD dan Smp Sekab.Tulungagung

oleh -25 views

Jejakkasus.info | Tulungagung – Belasan pelajar tingkat SD dan SMP di Kabupaten Tulungagung, mengikuti gelaran Festival Dalang Pelajar.

Mereka menampilkan keahlian dalam memainkan wayang kulit, layaknya dalang profesional. Ada beberapa lakon dalam dunia perwayangan seperti Gathutkaca Winisuda, Wahyu Makhuta Rama, Amphak-Amphak Wiratha, Sesaji Raja Suya, Bima Bungkus, serta Pandhu Swarga mereka bawakan dalam festival ini.

Salah satu peserta, Frilian Tri Ardhiantara atau panggilan akrabnya (yayan), mengaku membutuhkan waktu hingga satu bulan untuk persiapan mengikuti Festival Dalang ini. Siswa Kelas Vll SMPN 1 Tulungagung ini membawakan lakon Bima Bungkus.

Selama proses persiapan di musim pandemik ini menjadi tantangan tersendiri .selama proses latihan mereka datang secara bergantian.

Frilian Tri Ardhiantara mengaku , keahliannya ini didukung penuh oleh kedua orang tua maupun pihak sekolah. Beberapa kali Frilian mewakili sekolah di berbagai event.

Meskipun ada anjuran untuk tidak berkumpul selama masa pandemik ini , Frilian tetap belajar mandiri di rumah , tuturnya.

Salah satu dewan juri Festival Dalang Pelajar ini , Ki Budi Plandang menjelaskan terdapat beberapa hal yang akan dinilai, diantaranya sabetan, gerakan wayang, serta greget atau totalitas dalam mendalang.

Festival tahun ini diikuti oleh 14pelajar, diantaranya empat siswa SD, sedangkan 10 lainnya merupakan siswa tingkat SMP, tuturnya.

Untuk siswa SD, diberikan waktu selama 30 menit untuk memainkan satu lakon. Sedangkan untuk siswa SMP diberikan waktu selama 45 menit. Festival ini bertujuan untuk melestarikan kesenian wayang kulit, terutama untuk kalangan pelajar.

“Kepala sekolah SMPN 1 Tulungagung sangat mengapresiasi salah satu siswa nya yang belum pernah ketemu sama sekali di karenakan masih masa pandemik ini, Beliau berpesan kepada wali murid (bapak susilo) orang tua dari Frilian untuk terus mendukung anaknya karena mempunyai talenta, ibarat batu akik di asah lebih bagus lagi sampai benar-benar menjadi berlian, pungkas Kepala Sekolah SMPN 1 Tulungagung (Bapak Sujito.

Salah satu panitia festival mengatakan dalang pelajar ini menyampaikan bahwa gelaran festival dalang antar pelajar ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit dalang wayang kulit potensial di Tulungagung. Festival ini upaya kita untuk mencari bibit-bibit dalang sejak usia dini, selain itu jugak untuk diikutsertakan dalam lomba tingkat provinsi maupun nasional. ujarnya(gan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *