Forum Wartawan Lokal Jateng (FWLJ) Berkerjasama Dengan PWI Jateng Gelar Orientasi Wartawan

oleh -37 views

Jejakkasus.info|JATENG

SEBANYAK 50 peserta wartawan dari media cetak dan online mengikuti pelaksanaan kegiatan orientasi Gelombang 1 tahun 2021 yang diadakan oleh Forum Wartawan Lokal Jateng (FWLJ) bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng yang dibuka langsung oleh walikota Semarang Hendrar Prihadi yang di dampingi Ketua PWI Jateng Amir machmud, NS di gedung moch. ikhsan Lt.8 Balaikota Semarang Kamis,(10/04/202).

Hadir sebagai Narasumber diantaranya, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS, Kepala badan khusus uji kompetensi wartawan Widiartono, Ketua dewan kehormatan PWI Jateng Sri Mulyadi, Setiyawan Hendra K, dan dimoderatori oleh wakil ketua bidang pendidikan PWI Jateng, Solikun.

Dalam sambutanya Ketua PWI Jateng Amir machmud, NS mengatakan, Di era digital ini wartawan dituntut kemampuan profesionalitasnya dalam menulis berita dengan baik dan benar sesuai dengan UU Pers no. 40 tahun 1999 dengan memperhatikan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). “Kita bukan saja belajar sampai disini, setelah lulus orientasi ini maka akan mendapat kartu anggota PWI. Sebagai anggota PWI, pastinya para wartawan harus menjalankan tugas jurnalistiknya sesuai dengan peraturan UU Pokok Pers dan kode etik jurnalistik (KEJ) .
Jika wartawan anggota PWI melenceng dalam melaksanakan tugasnya maka kartu PWI akan dicabut,”ujarnya.

Amir Machmud juga menyampaikan pesan dalam sambutannya, tentang profesionalitas dan Etika Jurnalistik ,wartawan yang di hargai adalah ,wartawan yang memahami kode etik jurnalistik, skil sehebat apapun itu akan luntur bila tidak memperhatikan aspek jurnalistik tambahnya.

Dari narasumber yang hadir salah satunya Sri Mulyadi, menerangkan tentang sejarah berdirinya PWI, dan menyampaikan tentang PD PRT(Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga) Oganisasi ,visi dan misi kegiatan yang di lakukan, PD PRT dimaksudkan untuk menjadi -landasan menejemen dan kerja dalam menjalankan roda organisasi serta
Pengikat persatuan dan kesatuan dalam prinsip, idialisme, tindak laku, baik organisatoris, sosial, maupun budaya.

Sedangkan UU Pers 40 tahun 1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, Pedoma Pemberitaan wartawan dibawakan narasumber Widiartono.

Ditempat yang sama kepada awak media Adi Setijawan selaku Ketua Forum Wartawan Lokal Jateng (FWLJ) saat di minta tangapanya mengenai kegiatan Orientasi ini mengatakan ” Rasa syukur tak terhingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan peserta cukup antusias , kedepan masih banyak kegiatan-kegiatan yang sudah diagendakan FWLJ berkerjasama dengan PWI Jateng diantaranya pelatihan membuat berita untuk wartawan juga sudah dipersiapkan agenda giat pra Ujian Kompetensi Wartawan. sebagai ketua FWLJ saya mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia, peserta juga kerjasama yang baik dari PWI Jateng yang sejak awal mendukung penuh giat Orientasi wartawan ini ungkap Adi.

(Lilik-Jejak Kasus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *