Harapan Kami, Diperbaiki Pelabuhan Sungai Selan dan Dilakukan Pengerukan

oleh -47 views

Jejakkasus.info | BANGKA TENGAH -Tepatnya pada pukul 14:48 WIB tim jejakkasus.info didampingi 1 captain kapal dan kepala koperasi mobil truck, langsung survey untuk melihat secara langsung kondisi jalur kapal yang dangkal di pelabuhan sungai Selan, Senin (29/03/2021).

Tim jejakkasus.info Babel, JK TV, rozali kapten kapal, dan muhammad saufi ketua koperasi Truck Selan, pada pukul 14.48 WIB Tim jejakkasus.info Babel langsung menaiki kapal Speedboat yang dipinjamkan oleh warga untuk melihat kondisi jalur kapal dari pelabuhan Selan menuju ke muara. Perjalanan menghabiskan waktu kira-kira 30 menit.

Diawali dengan salam sapa oleh para awak kapal lainnya di tepian Pelabuhan Sungai selan, Tim jejakkasus.info Babel dituntun untuk melihat beberapa titik yang ditunjukan oleh salah satu kapten kapal yang sering beroperasi yakni Rozali.

Rozali paham benar dengan kondisi jalur pelabuhan ke muara, dari beberapa tempat pendangkalan air, pohon yang mengahalangi sungai hingga sisa potongan kayu yang mengganggu lalu lintas kapal beroperasi.

Rozali,selaku kapten salah satu kapal yang beroperasi mengatakan, “saya berharap kepada pemerintah agar melakukan pendalaman untuk jalur Sungai Selan agar kapal bisa beroperasi setiap hari, dari kapal 500 ton sampai 1000 ton pun bisa masuk ke pelabuhan selan, dan juga perbaikan menara lampu (lampu marcusuar) yang berada di muara menuju pelabuhan agar aktifitas malam berjalan dengan baik dan aman. Pelebaran sungai juga penting agar kapal masuk dan keluar tetap lancar”.

Tambahnya, “ada beberapa kapal yang karam akibat alur sungai menabrak kayu yang menghalangi operasi kapal.”jelasnya.

Kemudian Muhammad Saufi selaku kepala koperasi sopir truck Sungai Selan, “ kami berharap kepada pemerintah untuk menambah panjangnya pelabuhan, agar kapal yang menurun naikkan angkutan bukan hanya 4 sampai 5 kapal, tapi bisa 10 kapal. Hal inipun bisa membantu perekonomian masyarakat Sungai Selan itu sendiri, dikarenakan banyak buruh asli penduduk selan yang bekerja dipelabuhan selan,” jelasnya.

Harapan masyarakat kami kepada pihak-pihak terkait baik Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah dan Para pengusaha dapat membantu untuk membuat atau memperbarui Pelabuhan Sungai Selan ini. Ini tugas kita bersama.

Kemudian agar lancarnya keluar masuk kapal tidak harus menunggu waktu pasang surut air yang mengakibatkan pendangkalan air dari dermaga hingga muara air untuk dilakukan pengerukan. Dengan demikian jalur beroperasi kapal dapat berjalan dengan lancar dan otomatis bisa menambah penghasilan. (Tim jejakkasus.info Babel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *