Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir, (QS. 3:173)

oleh -19 views

Jejakkasus.Info|Sekedar berbagi pengalaman: Jika engkau menemui atau mendapat musibah, atau sebuah permasalahan yang sekiranya anda telah melakukan upaya / ihktiar namun tiada hasil? Allah SWT Maha segala-galanya, Maka bertakwalah.

Jangan ragu janji Allah, bersihkan hatimu, sicikanlah dirimu dengan air wudhu dan shalatlah, sujud kepadaNya.

Mohon ampunan atas segala dosa yang pernah engkau lakukan, Akui segala kesalahanmu, dan berserah diri, karena di dalam Al Quran telah tertuang ayat Allah yakni “HasbunalLâh Wani’mal-Wakîl”, Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (QS. 3:173).

“Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong [Ni’mal-Mawla Wani’man-Nashîr]“. (QS. 8:40).

Arti dan makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir mengandung banyak penafsiran secara harfiah atau bahasa. Namun, secara substansi sebagian besar ulama dan teks-teks Islam memberikan arti dan makna yang sama.

Kalimat “hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir” adalah salah satu kalimat dzikir yang banyak dianjurkan. Meskipun terkesan sangat pendek, tetapi ayat “hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir” memiliki arti dan makna yang dalam atas kedekatan dan rasa tawakal kita kepada Allah sebagai Tuhan Sang Pencipta yang Maha Kuasa.

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir” dengan makna yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, kita menjadi tahu arti, makna, hikmah, keutamaan, dan kelebihan ayat “hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir” sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah sekaligus meminta perlindungan kepada-Nya.

Arti hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maulana waanikman nashir artinya adalah:

“Cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.”

Isi kandungan kalimat hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir: kita menyerahkan kepada Allah, menyerahkan segala urusan, beban, dan masalah kita kepada Allah dengan aegenap jiwa dan raga.
karena Allah lah sebaik-baiknya wakil. Tawakal dan ikhlas menyerahkan sepenuhnya urusan kita kepada Allah adalah salah satu makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

Tak kala kita dihimpit berbagai permasalahan kehidupan dunia yang begitu menyesakkan, dirundung duka dan derita, serta masalah-masalah yang berkecamuk, termasuk kesulitan hidup, maka kita hendaknya mengucapkan ayat hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

Jika kita terancam dalam suatu hal, maka serahkan saja kepada Allah. Karena Allah sebaik-baiknya penolong dan pelindung kita.

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir yang merupakan wujud ketergantungan (dependen) kita kepada Allah SWt, manifestasi permohonan tolong kita kepada Allah, dan bentuk tawakal untuk mengembalikan segala urusan kepada-Nya.

Ketiga, makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir secara implisit (tersirat) menyatakan ke-esaan Allah sebagai satu-satunya dzat yang patut kita untuk menyerahkan segala urusan, meminta pertolongan, dan memohon perlindungan. Kita dilarang untuk menyerahkan masalah, meminta pertolongan dan memohon perlindungan kepada selain Allah, karena Dia lah sebaik-baiknya dzat yang patut kita sembah dan kita meminta pertolongan.

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir diterangkan dalam kitab suci Al Quran maupun hadis. silahkan di share jika dirasa manfaat.

Penulis : Supriyanto Als Ilyas Ketua Umum Non Governmen Organization (NGO) Generasi Muda Indonesia Cerdas Anti Korupsi (GMICAK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *