Hindari Blanko KTP-el ‘Tercecer’, Disdukcapil Kabupaten Indramayu Bakar Puluhan Ribu Blanko

by -1,567 views

 

www.jejakkasus.info | Breaking News Provinsi Jabar – Kabupaten Indramayu – Puluhan ribu lembar blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dimusnahkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Video Hindari Blanko KTP-el ‘Tercecer’, Disdukcapil Kabupaten Indramayu Bakar Puluhan Ribu Blanko

Kegiatan pemusnahan blanko KTP-el tersebut dimulai sejak pukul 10.00 WIB. bertempat di halaman Kantor Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Senin (17/12/18).

Sebanyak 10.906 keping blanko KTP-el yang rusak atau invalid tersebut didapatkan dari 31 Kecamatan di wilayah Kabupaten Indramayu, maupun yang ada di dinas sendiri.

Blanko tersebut di musnahkan dengan cara dibakar oleh beberapa pegawai Disdukcapil dan disaksikan langsung oleh petugas Inspektorat Kabupaten Indramayu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta Kepolisian Resort Indramayu.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indramayu, Kanadi Monoisman, SH menjelaskan bahwa pemusnahan itu merupakan tindakan konsisten Pemerintah Kabupaten Indramayu guna menindaklanjuti surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor : 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember 2018 tentang penatausahaan KTP elektronik yang rusak dan invalid, serta sebagai antisipasi terjadinya tindak penyalahgunaan terhadap dokumen negara tersebut.

“Ini adalah langkah kita untuk merespon surat edaran Menteri Dalam Negeri per tanggal 13 Desember 2018 kemarin, tentang penatausahaan KTP-el yang rusak ataupun invalid,” ujar Kabid yang akrab disapa Mono tersebut.

Lebih jauh lagi, Mono juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu langkah untuk menghindari blangko KTP-el yang ‘tercecer’, seperti yang saat ini sedang ramai dibicarakan.
“Kita menghindari tercecernya blanko blanko KTP-el di lapangan, sehingga padahari ini yang terpusat di Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil Kabupaten Indramayu, blanko-blanko yang rusak dari tahun 2011 sampai dengan 2018 kita himpun untuk kemudian kita musnahkan,” sambung Mono menegaskan.

Penulis: Indra Irawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *