Infrastruktur Jalan Di Kelurahan Nabarua Kabupaten Nabire Papua Rusak Parah

by -959 views

Jejakkasus.info | Nabire Papua
Reporter Erlangga. Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel. Undang Undang No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan serta Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2006 tentang Jalan, digunakan sebagai acuan hukum dalam pembagian wewenang antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.
Pasal 14 Undang Undang No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan menyatakan bahwa wewenang Pemerintah dalam penyelenggaraan jalan meliputi penyelenggaraan jalan nasional dan penyelenggaraan jalan secara umum yang mencakup penyusunan petunjuk teknis serta memprioritaskan pemeliharaan jalan. Namun rupanya pemerintah wilayah nabire papua, utamanya dinas pekerjaan umum (PU) kurang memperhatikan soal perbaikan infrastruktur jalan dan draenase. Tepatnya yang berada di kelurahan nabarua tepat di pertigaan depan kantor bulog nabire mengalami rusak parah.
Padahal jalur ini merupakan jalur alternatif penghubung antar desa dan kelurahan lainya. Hasil investiasi reporter jejak kasus dilapangan didapati beberapa titik kerusakan jalan dan draenasi yang memnyebabkan banjir ketika musim hujan serta polusi debu ketika musim kemarau. Beberapa pengguna transportasi yang sempat melintas lintas di jalan tersebut sangat mengeluhkan dengan adanya infrastruktur jalan yang semakin rusak parah.
Hal ini juga dikeluhkan oleh masyarakat setempat yang hampir setiap musim hujan mengalami banjir. Lewat media jejak kasus menyampaikan,” sampai kapan pemerintah membiarkan dengan adanya jalan rusak seperti ini, apalagi kalau hujan sama sekali jalan yang berlubang tergenang air sehingga sangat membahayakan pengendara yang melintas dikarenakan jalan yang berlubang tertutup dengan genangan air. Saat media jejak kasus mendatangi kantor dinas pekerjaan umum (PU) untuk konfirmasi namun sayangnya yang bersangkutan tidak berada di tempat. (erlangga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *