Jl Raya Sultan Agung Jember Dibuka, Akhir Dari Masa Tanggap Darurat Karya Bakti TNI

by -26 views

 

 

Jejakkasus.Info|Jember – Robohnya komplek pertokoan Kali Jompo pada 02/02/2020, akibat tergerusnya tebing Kali Jompo oleh arus ari yang mengalir dibawahnya, menjadikan Jalan Raya Sulta Agung  sebagai akses utama memasuki Kota Jember di tutup sementara hingga proses tanggap darurat selesai dilaksanakan.

Berakhirnya masa tanggap darurat tersbeut langsung ditandai dengan pembukaan akses jalan raya Sultan Agung tersebut oleh Bupati Jember pada Selasa 31/03/2020 Pukul 15.00 Wib, namun demikian pembukaan jalan tersebut tidk dapat dilakukan seluruhnya karena ada separoh jalan yang perlu pengerjaan lanjutan berupa normalisasi jalan dan penguatan tebing Kali Jompo, namun demikian kondisinya sudah tidak menakutkan masyarakat Jember.

Dalam sambutannya Bupati Jember Faida menyatakan Kami mengucapkan terima kasih baik dari tim  Kabupaten maupun Tim dari Propinsi  yang mana telah bekerja membantu pembenahan  akses jalan jl. Sultan Agung Kel. Jember Kidul. Kec. Kaliwates Kab. Jember, demikian halnya kepada TNI dan Polri yang telah melaksanakan Karya Bakti pada masa tanggap darurat bencana sejak 02/02/2020.

Mulai hari ini jalur akan kita buka separoh jalan agar tidak mengganggu akses pekerjaan lanjutan dari Tim Pemkab. Jember, terima kasih atas kerjasama kepada seluruh elemen masyarakat Jember yang telah berperan aktif dalam penyelesaian kali Jompo, setelah melakukan peninjauan sasaran yang sudah ditangani sementara, dilakukan pembukaan arus lalu lintas.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Bupati Jember Faida, Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono, Hadi Mulyono (Kadishub kab Jember) dan Muspika Kecamatan Kaliwates dan pejabat lainnya.

Komandan Kodim 0824/.Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami wawancarai terkait dengan pembukaan akses jalan tersebut menyampaikan, bahwa upaya percepatan pengerjaan normalisasi yang dilakukan sejak 02/02/2020 oleh Tim dari Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur, bahkan melibatkan Balai Besar Pengawasan Jalan Nasional (BBJN) dibawah  Kementrian PUPR RI, dan dibantu oleh Karya Bakti TNI dari pasukan Kodim 0824/Jember, Yon Armed 8/105 Tarik maupun dari jajaran Brigif Raider 9/K.

Pasukan TNI disamping melakukan pengamanan, juga melakukan bantuan tenaga manual untuk pengerjaan non teknis, yang pekerjaan teknis dikerjakan oleh Tim dari Provinsi dengan menggunakan alat berat, sejak 2 hari yang lalu pengerjaannya sudah selesai dan dilakukan pembersihan dan baru hari ini dapat dibuka Akses Jalan Raya Sultan Agung ini, sekaligus sebagai Akhir Dari Masa Tanggap Darurat Karya Bakti TNI. Pungkas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *