Kabiro Jejakkasus.info Situbondo “Sangat Geram” Terkait Pelarangan Peliputan Pelantikan 17 Kades Terpilih di Pendopo Kabupaten Situbondo

Situbondo l Jejakkasus.info – Kenapa sampai terjadi”….?, tindakan yang tidak terpuji ini oleh Oknum Polres Situbondo yang melarang wartawan masuk ke Pendopo Kabupaten Situbondo untuk melakukan peliputan pelantikan 17 Kades Terpilih dan ternyata setelah mau masuk ke area pendopo kabupaten, dihadang atau di halang – halangi oleh petugas ke Polisian yang berjaga di sekitar pintu masuk lokasi pendopo, setelah ditanya oleh rekan – rekan media dengan jawaban ini perintah dari atasan sudah sesuai SOP, Rabu 7/11/2022.

Padahal wartawan sebagai kuli tinta, atau jurnalis itu fungsinya mewakili ribuan masyarakat Indonesia, untuk memberikan informasi tentang apa yang perlu untuk di informasikan dan sebagai bentuk memberikan terkait kejadian yang terjadi di Indonesia.

Dalam UU Pers Nomer 40 tahun 1999 wartawan dilindungi oleh hukum. Padahal jurnalis ialah sebagai corong informasi kepada masyarakat Indonesia, media sebagai salah satu tolak ukur kritik kepada pemerintah tetapi juga punya tolak ukur yang jelas dan terukur, untuk melakukan tegoran atau mengingatkan penguasa agar memperbaiki kualitas atau sistem yang salah.”paparnya”.

Lanjut,…Hosni sebagai Kabiro Jejakkasus info, Situbondo juga menjelaskan bahwa didalam UU Nomer 40 Tahun 1999 tentang pers tertulis aturan tentang pers termasuk
Ketentuan umum, asas, fungsi, hak kewajiban dan peranan pers tersebut.

Undang undang tersebut diatur pula tentang peran serta masyarakat dan ketentuan pidana, seperti halnya UU Pers Pasal 18 Ayat (1) yang tertulis sebagai berikut:

“Setiap orang yang secara melawan hukum dengan cara sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 Ayat (2) dan ayat (3) dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama dua (2) tahun atau denda paling banyak rp.500.000.000,00 ( Lima ratus juta rupiah ), ” Pungkasnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *