Kades Sutawangi Majalengka Diduga Mark Up Pembuatan Tempat Pembakaran Sampah

by -322 views

 

jejakkasus.info | Provinsi Jabar – Kabupaten Majalengka – Pemerintahan Desa Sutawangi, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah menerima program Dana Desa (DD) untuk tahap ke 3 (tiga).

Berdasarkan pantauan Tim Jejak Kasus Biro Majalengka, Senin (17/12/2018) lalu. DD tersebut salah satunya digunakan untuk 3 tempat pembakaran sampah di 3 dusun di Desa Sutawangi, Dusun Satu, Dusun Dua dan Dusun Lima.

Dengan anggaran Rp17.577.252/satu tempat, jumlah dri 3 tempat Rp52.731.760.

Menyikapi hal tersebut Tim Jejak Kasus berkunjung ke Kantor Desa Sutawangi dan bertemu dengan Kepala Desa (Kades) Sutawangi E.Sudiana yang mengambut baik, Tim Jejak Kasus untuk konfirmasi atas anggaran pembuatan pembakaran tempat sampah.

Kades E.Sudiana mnghadirkan salah satu Kadus, Aris Munandir (54) selaku Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK ), pelaksana 3 lokasi pembuatan pembakaran sampah.

Aris menjelaskan dari mulai tenaga kerja, bahan-bahan bangunan seperti pasir, bata, semen, genteng dan sebagainya, dengan yang dianggarkan Rp17.577.252./satu lokasi.

“Hal itu hanya di Rencana Anggaran Biaya (RAB), namun dari anggaran yang dikeluarkan hanya mencapai Rp14.000.000/satu pembuatan tempat pembakaran sampah,” jelasnya.

Dari keterangan Aris Tim Jejak Kasus dapat menyimpulkan anggaran pembuatan tempat pembakaran sampah dari 3 lokasi, berdasarkan keterangan itu, yang digunakannya Rp42.000.000. Adapun dana lebihnya Rp10.731.760 tidak ada kejelasan peruntukannya.

Diduga Kades Sutawangi E.Sudiana dalam pembangunan untuk pembuatan pembakaran sampah telah menyalahi aturan program DD.

Untuk itulah kiranya pemerintah Kabupaten Majalengka melalui aparat yang berwenang agar dapat segera menyikapi dugaan adanya pelaksanaan program DD yang diduga tidak sesuai prosedur yang ada di Desa Sutawangi.

Laporan: Liman Kabiro Jejak Kasus Majalengka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *