Kapolres Cirebon Kota, Kliwonan di Makam Sunan Gunung Jati

oleh -15 views

POLRES CIREBON KOTA, Jejakkasus.info – Tradisi malam Jumat Kliwon atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kliwonan, berkaitan dengan cerita rakyat atau legenda dari daerah setempat yaitu, Makam Sunan Gunung Jati, di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Acara ini, selalu dilaksanakan pada tiap malam Jumat Kliwon, untuk melaksanakan kegiatan tahlil dan doa bersama.

Sebagai seorang umat muslim, Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron Ermawan, SH, S. Ik, MH malam ini, menghadiri kegiatan tradisi malam Jumat Kliwon di Makam Sunan Gunung Jati, Kamis (28/1/2021) sekira pukul 20.00 – 24.00 WIB.

Guna meningkatkan pelayanan bagi para peziarah atau peserta tahlilan, khususnya dari segi keamanan. Polsek Gunung Jati menggelar, Apel Pra Tugas Pengamanan, kegiatan tradisi Kliwonan di Makam Sunan Gunung Jati, bertempat di Kantor Desa Astana, dipimpin oleh Kapolsek Gunung Jati AKP ABDUL MAJID, SH, MH dan di hadiri oleh IPTU NGATIDJA, SH, MH ( Kasubbag Humas ), IPDA CEPI MULDIAN (Kanitlantas Polsek Gunung Jati), personel gabungan Polsek Gunung Jati dan Dalmas Polres Cirebon Kota, berjumlah 18 orang.

Ditempat terpisah diantara para peziarah Kapolres Cirebon Kota AKBP IMRON ERMAWAN, SH, S. Ik, MH menyampaikan, bahwa kegiatan malam ini merupakan, tradisi rutin yang dilaksanakan di Makam Suna Gunung Jati. Dimana para pengunjung atau peziarah berasal dari segala penjuru kota, baik se-Wilayah 3 Cirebon, maupun dari luar kota.”Sebagai polisi kita wajib memastikan keamanan dan kenyamanan warga masyarakat yang datang untuk berziarah di malam Jumat Kliwon ini,” ujarnya.

Selain melaksanakan pengamanan, juga dilaksanakan Operasi Yustisi berupa, himbauan kepada masyarakat para peziarah untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan yaitu, 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan ).

Sementara Kapolsek Gunung Jati mengatakan, guna menjaga situasi keamanan, anggota sudah dibagi pada beat area luar yaitu, Pam arus lalu lintas dan area parkir kendaraan, serta beat area dalam makam.”Guna mengatur para peziarah, untuk tidak berkerumun serta bergantian dalam melakukan doa tahlilan di dalam Makam Sunan Gunung Jati dan juga kami sediakan Posko informasi, guna menampung pengaduan masyarakat/peziarah,” tegas AKP ABDUL MAJID, SH.

Ditambahkan Kasubag Humas Polres Cirebon Kota IPTU NGATIDJA, SH.MH bahwa dalam pelaksanaan kegiatan tradisi Malam Jumat Kliwon di Makam Sunan Gunung Jati, berjalan dengan lancar dan mayoritas para peziarah sudah sadar diri, untuk menjaga kesehatan dengan menggunakan masker.”Sementara ada beberapa yang tidak menggunakan masker dihimbau dan diberikan masker gratis,” tukasnya. (Caswila)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *