Polres  

Kegiatan “Ramp check” Di Terminal Bayangan Sukun Mendapat Apresiasi Masyarakat

Jejakkasus.info | JAWA TENGAH & DIY

SEMARANG | jejakkasus.info – Demi menjamin keselamatan penumpang, operasi gabungan bertajuk “Rampcheck” dilakukan di Terminal Bayangan Sukun Banyumanik, Semarang, pada Sabtu pagi (19/5/2024). Kegiatan yang dihadiri puluhan anggota gabungan antara lain petugas Satlantas Polrestabes Semarang, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Satresnarkoba Polrestabes Semarang, dan Dinas Kesehatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat.

Dalam operasi tersebut, petugas Dinas Perhubungan Kota Semarang melakukan pengecekan armada bus dan travel yang berkumpul di terminal, pemeriksaan ban kendaraan, rem, lampu, dan dokumen KIR, serta surat izin mengemudi. Tim Satresnarkoba juga melakukan tes urine, sedangkan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pengemudi.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh masyarakat setempat, dan banyak calon penumpang yang mengucapkan terima kasih atas inisiatif tersebut. Siswanto, warga Kuningan, Semarang Utara, yang akan berpergian ke Kabupaten Cilacap mengapresiasi upaya tersebut karena dinilai penting demi keselamatan bersama.

“Perjalanan aman dan tidak terjadi hal buruk karena kondisi armada prima dan pengemudi juga sehat,” ujarnya.

Tuti, salah satu penumpang bus tujuan Solo, pun merasa tenang dengan pemeriksaan tersebut. Ia bersyukur armada dinyatakan aman oleh petugas. “Rampcheck merupakan upaya Satlantas Polrestabes Semarang untuk meminimalisir kecelakaan armada baik bus umum maupun wisata,” ujarnya.

AKBP Yunaldi Kasatlantas Polrestabes Semarang, menekankan pentingnya peran penumpang dalam mengingatkan pengendara yang ugal-ugalan demi menjamin keselamatan.

“Penumpang harus tegas karena ini menyangkut keselamatannya,” ujarnya seraya mengimbau masyarakat tidak takut bersuara menentang mengemudi ugal-ugalan dan selektif dalam memilih armada bus.

Kasat Lantas Polrestabes mengimbau awak bus untuk memprioritaskan kondisi suku cadangnya, memastikan setiap penggantiannya memenuhi standar, menyusul serangkaian “ramp check” atau pemeriksaan bus di Jawa Tengah pasca kecelakaan lalu lintas baru-baru ini yang melibatkan bus yang membawa bus siswa.

(Bakara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *