Kenaikan Pangkat Personel Bintara Dan Tamtama Di Lingkungan Makorem 163/Wira Satya.

by -153 views

Jejakkasus.info | Bali – Komandan Korem 163/Wira Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., memimpin pelaksanaan upacara pelantikan kenaikan pangkat personel Bintara dan Tamtama di lingkungan Makorem 163/Wira Satya, Kamis (04/04) bertempat di Lapangan Makorem 163/Wira Satya.

Pelantikan tersebut melibatkan 6 Personel Bintara dan 3 Tamtama yang pada periode 1 April 2019 ini mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat yang disandang sebelumnya.

Dalam amanatnya Danrem 163/Wira Satya mengatakan bahwa kenaikan pangkat bukanlah hal rutin yang datang dengan sendirinya. Untuk memperoleh kenaikan pangkat bagi personel atau Prajurit TNI dibutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain, syarat administrasi dimana personel bersangkutan memenuhi syarat administrasi yang ditentukan.

Kemudian harus juga memenuhi syarat seleksi dimana personel yang bersangkutan harus lulus pada saat tes kesegaran jasmani atau Garjas. Selanjutnya dedikasi dan loyalitas juga menjadi pertimbangan dan penilaian bagi satuan maupun pimpinan.

“Jika ketiga hal tersebut terpenuhi maka dapat dikatakan layak setiap personel dinaikan pangkatnya”, jelas Danrem.

Kenaikan pangkat yang diperoleh setiap prajurit merupakan perwujudan prestasi dari apa yang dilakukan selama berdinas dan sepatutnya mendapat penghargaan dari negara.

Lebih lanjut Danrem menjelaskan bahwa kenaikan pangkat membawa konsekuensi pada peningkatan kualitas kerja dan kinerja sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Dengan kenaikan pangkat maka setiap personel dituntut untuk menunjukkan kualitas serta dedikasi lebih kepada satuan dan juga tugas tanggung jawabnya”, tegas Danrem.

Di akhir arahannya Danrem berharap kepada personel yang mendapatkan kenaikan pangkat termasuk yang lainnya agar dapat meningkatkan kualitas kinerja sehingga keberadaan kita bisa bermanfaat dan tentunya membawa kemajuaan buat satuan.

Salah seorang personel yang naik pangkat, Serma Budi Santoso mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas apa yang diperoleh saat ini.

Serma Budi yang menyisakan masa dinas selama 3 tahun ke depan menyadari naik pangkat itu tidak semudah yang dibayangkan, butuh perjuangan dan kesiapan. Maka apa yang dikatakan Danrem sangatlah benar kenaikan pangkat bukanlah hal rutin yang datang dengan sendirinya. Ketiga syarat yang disebutkan Danrem di atas harus terpenuhi.

Selesai pelaksanaan acara pelantikan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat berturut-turut oleh Danrem, Kasrem, Para Kasi Korem, Para Perwira dan seluruh personel militer dan sipil Korem 163/Wira Satya.

Tidak lupa juga seluruh personel yang naik pangkat digiring ramai-ramai ke kolam depan Mokorem, diceburkan, direndam dan berbasah-basah. Tradisinya sederhana tetapi akan tetap berkesan.(Sutarya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *