Kepemimpinan kades H.sukarto,Desa Sumberkolak sabet desa terbaik no 1 dalam pengelolaan dana desa

oleh -66 Dilihat

Jejakkasus.Info|Situbondo – Dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa Ke-57 oleh Kejaksaan Negeri Situbondo Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Jawa Timur meraih juara 1 sekabupaten Situbondo untuk penghargaan sebagai Pemerintah desa terbaik dalam pengelolaan keuangan dana desa terbaik mulai tahun dalam kinerja Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2017-2020.

Penghargaan dilakukan oleh kepala kejaksaan Negeri Situbondo Satimin SH Penghargaan diterimakan kepada kepala desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan Situbondo Sukarto 31/12/2020.

Menurut Kepala Desa Sumberkolak Sukarto mengatakan bersyukur mendapat nilai tebaik dalam pengelolaan keuangan desa dari 132 Desa dikabupaten Situbondo.

“Indikator penilaiannya antara lain mencakup prosentase penyaluran dari Rekening ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), penyerapan Dana Desa (DD) dari Rekening Kas Desa (RKD), kecepatan dan ketepatan penyaluran sesuai batas ketentuan. Juga prosentase penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), Covid-19 maupun Dana Desa dan penyaluran dana desa ,” ujar Sukarto

Menurutnya, Selain memenuhi indikator tersebut, sambungnya, Pemkab Situbondo telah melakukan inovasi terkait pengelolaan dana desa. melalui kolaborasi bersama dalam pengentasan kemiskinan, pemberdayaan perempuan dan pemuda, yang diwujudkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) melalui dana desa.

“Kolaborasi yang sudah berjalan berdampak pada meminimalisir amgka kemiskinan di desa Sumberkolak Desa di Kabupaten Situbondo. Adapun pemanfaatannya, telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan mekanisme yang ada. Demikian pula penyerapan dana desa telah mulai dilaporkan melalui aplikasi Kementerian Keuangan.” ujarnya.

Penghargaan yang diterimakan kepada Desa Sumberkolak tersebut diberikan dalam rangka mendorong dan meningkatkan pengelolaan dana desa.

Terakhir Sukarto mengatakan kepada masyarakat di desa Sumberkolak meraih juara 1 atas pengelolaan dana desa atas kerjasama peranserta masayarakat mendukung adanya program-program desa sehingga desa Sumberkolak bisa menjadi yang terbaik dalam pengelolaan keuangan desa.

(VIKI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.