Ketua YJI Lamsel Kampanyekan Pengukuran Kebugaran Jasmani Melalui Aplikasi SIPGAR Ke Pelatih Dan Pengurus

Lampung Selatan, Jejakkasus. Info KALIANDA, – Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Lampung Selatan menggelar Sosialisasi Pengukuran Kebugaran Jasmani melalui Aplikasi SIPGAR kepada para pelatih dan pengurus YJI Cabang Lampung Selatan, di aula sebuku rumah dinas bupati setempat, pada Selasa, (4/10/2022).

Secara pengertian Aplikasi SIPGAR adalah aplikasi untuk mengukur kebugaran jasmani dan daya tahan jantung serta paru dengan metode rockpot atau jalan/jogging sekitar jarak tempuh 1,6 km.

Aplikasi ini secara fungsi mencatat indeks masa tubuh (IMT), dan hasil pemeriksaan faktor resiko seperti tekanan darah, kadar gula darah dan kadar kolesterol. Dan saat ini sedang digalakkan penggunaannya dengan sosialisasi di seluruh daerah di Indonesia termasuk Lampung Selatan.

Pada acara tersebut, Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Lampung Selatan Hj.Winarni Nanang Ermanto mengatakan, YJI Kabupaten Lampung Selatan terus bersemangat dalam upaya mengkampanyekan kesehatan jantung di seluruh wilayah Kabupaten.

“Hal ini dapat terlihat dengan terbentuknya Kelompok Jantung Sehat di 260 desa dan kelurahan di Kabupaten Lampung Selatan yang melaksanakan kegiatannya secara rutin,” jelasnya.

“Tujuannya dari kegiatan sosialisasi ini diharapkan para peserta dapat menerapkan penggunaan aplikasi kebugaran jasmani di lingkungan terdekat seperti keluarga dan tetangga. Dengan bergerak tubuh kita menjadi sehat dan menjadikan lebih produktif ketika menjalani aktivitas,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, kebugaran jasmani menjadi faktor penentu kesehatan dan kebugaran tubuh dari berbagai penyakit.

Oleh karena itu, Winarni mengajak untuk bersama-sama memperbaiki pola hidup dengan memperbanyak aktivitas fisik dan olahraga untuk menjaga agar tetap sehat dan bugar.

Perlu diketahui bersama, bahwa masyarakat dapat menggunakan Aplikasi SIPGAR dengan mendownloadnya di playstore smartphone masing-masing melalui pembuatan akun terlebih dahulu.(joe/kmf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *