Keutamaan Alfatehah

oleh -15 views

Jejakkasus.info | Hikmah Islami

Setiap mengawali salat lima waktu bacaan surah al-Fatihah tak pernah luput dan selalu menjadi surah pembuka. Memang, Allah SWT menempatkan surah ini dengan segala keajaibannya.

Itulah juga mengapa surah ini dinamakan Ummul Qur’an atau induk Al-Quran karena dia merupakan induk dari semua isi Al-Quran.

Khasiat dan keistimewaan surat al-Fatihah ini sangat banyak dan luar biasa. Sebagaimana diurai dibawah ini dari sejumlah sumber. Sangat baik untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

– Membaca surat al-Fatihah akan Mendapat Pahala Melimpah:

Sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW bersabda: “Membaca Fatihah Al-Quran pahalanya seperti sepertiga Al-Quran” Dalam hadits lainnya Rasulullah SAW bersabda: “Surat Al-Fatihah adalah untuk apa ia dimaksudkan dalam bacaannya.” Dan “Fatihah itu pembukaan maksud bagi orang-orang mukmin.”

– Membaca surat al-Fatihah akan Mendapat Ilmu

Siapa saja yang membaca surat Al Fatihah dalam keadaan berwudhu setiap hari dan selama tujuh hari kemudian ditiupkan pada air suci mensucikan lalu diminum. Ia akan memperoleh ilmu serta hatinya akan dibersihkan dari fikiran yang rusak.

– Keajaiban Surah Al-Fatihah Menyembuhkan Penyakit dan Penawar Racun, Salah satu keutamaan Surah Al-Fatihah adalah dapat menyembuhkan segala penyakit sehingga disebut Asy-Syafiyah (yang menyembuhkan) dan Asy-Syifa.

Surah Al-Fatihah merupakan surah paling agung dalam Al-Qur’an Al-Karim . Surah ini menjadi pembuka kitab suci Al-Qur’an atau disebut Ummul Qur’an.

Salah satu keutamaan Surah Al-Fatihah adalah dapat menyembuhkan segala penyakit sehingga disebut Asy-Syafiyah (yang menyembuhkan) dan Asy-Syifa’ (obat). Adapun bentuk ikhtiar bagi seseorang yang sakit adalah berobat, menjaga pola makan sehat dan beristirahat yang cukup.

Memohonkan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh adalah hal yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim.

Bukan hanya untuk keluarga, kerabat, sahabat terdekat dan orang-orang yang kita kenal, akan tetapi untuk semua kaum muslimin.

Dengan membaca Surah Al-Fatihah, seseorang akan disembuhkan dari penyakit tentunya dengan seizin Allah. Itu sebabnya Al-Fatihah disebut Asy-Syifa atau penyembuh.

Secara fakta yang di ketahui Media Detikkasus com – Sering kali para ulama membacakan Surah Al-Fatihah sebagai doa kepada Allah lalu ditiupkan ke air putih kemudian diminum. Apalagi doa orang saleh dan para ulama sangat mustajab dan didengar oleh Allah.

– Doa dan Keinginannya Dikabulkan

Siapa saja yang mempunyai nazar (keinginan) dan memohon kepada Allah SWT, dan membaca surat Al Fatihah semaksimal nya, kemudian memohon kepada Allah. Insya Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT.

– Selamat Sampai Ajal.

Siapa saja yang membaca surat Al-Fatihah, Al Ikhlas Insya Allah ia akan selamat dari segala hal selain sudah sampai diajalnya (meninggal dunia). Dan masih banyak kehebatan-kehebatan dari surat Al-fatihah.

Berikut ini adalah bacaan Surat Al-Fatihah

(1) Bismillahir Rahmanir Rahim (2) Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin (3) Ar Rahmanir Rahim (4) Maliki yaumiddin (5) Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in (6) Ihdinas shiratal mustaqim (7) Shiratal ladzina an’amta ‘alaihim, ghairil maghdubi ‘alihim wa lad-dhaallin.

 

Artinya:

(1) Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (2) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (3) Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (4) Yang menguasai Hari Pembalasan (5) Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan (6) Tunjukilah jalan yang lurus (7) (yaitu) Jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

 

https://radarbangsatv.com/kehebatan-surat-al-fatihah/

 

Demikian semoga bermanfaat.

━━━━━━━━━━━━━━━━

Penulis : *Supriyanto Als*: *Ilyas Ketua Umum *Generasi Muda Indonesia Cerdas Anti Korupsi (GMICAK).

━━━━━━━━━━━━━━━━

*Sumber : Al-Qur’an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *