Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Resmi Tutup Kegiatan Latnister Kodim 0816.

by -31 views

Jejakkasus.info | Sidoarjo -, Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol Kav Arief Cahyo Widodo S.lP Dalam
Kegiatan Penutupan Latnister Tahun 2019 yang telah dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 15 Maret 2019 Pkl 10.00 wib yang diselenggarakan di Aula Makodim 0816/Sidoarjo. Dihadiri oleh Anggota dari Kodim 0816, Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0816 serta Peserta Latnister.


Kegiatan Latihan Teknis Teritorial yang telah dilaksanakan selama 1 minggu. Merupakan momentum yang patut mendapat dukungan kita semua. Kegiatan semacam ini disamping merupakan kegiatan rutin yang telah diprogramkan Komando Atas, juga merupakan wahana dan sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya bagi anggota yang bertugas di Satuan Kewilayahan, sehingga apabila yang bersangkutan mendapat tugas, akan dapat menyelesaikannya dengan baik dan memperoleh hasil yang optimal. Untuk itu ilmu yang telah kalian peroleh dari kegiatan ini, silahkan diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.
Dalam Kegiatan Latnister ini dijelaskan bahwa fungsi edukatif bertujuan untuk melatih peserta latihan dalam proses penyusunan, perencanaan dan pengambilan keputusan pada situasi dan kondisi yang kemungkinan diperanggapkan akan terjadi, sedangkan fungsi Analitik itu bertujuan mencari cara antisipatif terbaik yang diperlukan untuk menghadapi suatu kejadian yang terjadi di wilayah masing-masing. Latnister ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) dalam mencegah semakin berkembangnya paham radikal, oleh sebab itu Aparat Komando Kewilayahan perlu mengetahui tentang bagaimana melakukan tindakan Preventif atau pencegahan berkembangnya paham radikal didaerah, dengan membuat dan menyusun anatomi wilayah di hadapkan dengan ancaman perkembangan paham radikalisme.

Ketika latihan ini berakhir dan ditutup, maka sebenarnya setiap prajurit peserta latihan, baik sebagai pelaku maupun sebagai penyelenggara latihan, telah dapat mengevaluasi pelibatannya masing-masing dengan merasakan dan mengukur secara proporsional, sudah sejauhmana tujuan latihan itu dapat dicapai.

Evaluasi awal seperti itu tentu perlu dilakukan oleh setiap prajurit dan oleh satuan yang terlibat, untuk menemukan berbagai Kelemahan dan Kekurangan atau hambatan serta Kendala selama berlangsungnya latihan, sehingga dapat dijadikan masukan bagi upaya-upaya perbaikan pelaksanaan latihan berikutnya. Di samping itu, yang tidak kalah penting adalah Mengevaluasi secara menyeluruh terhadap penyelenggaraan latihan kali ini, mulai dari tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, hingga tahap pengendalian dalam bentuk Kaji Ulang.
Letkol Kav Arief Cahyo Widodo, S.I.P menjelaskan “Kepada penyelenggara dan pendukung latihan saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan latihan ini. Kepada pelaku, saya minta agar pengalaman mengikuti latihan kali ini hendaknya mampu menggugah motivasi kalian untuk terus meningkatkan profesionalitas anda selaku prajurit komando kewilayahan,” Tutur Dandim 0816/Sidoarjo.

“Saya berharap, dengan ilmu yang kalian terima selama 5 (lima) hari latihan dapat di jadikan acuan dan pedoman tugas di lapangan. Semoga Tuhan Yang Maha pengasih dan maha penyayang senantiasa memberi petunjuk, bimbingan, dan arahan serta melimpahkan rakhmat-nya kepada kita semua dalam pengabdian kepada bangsa, negara dan khususnya kepada masyarakat.” Tambahnya.

Perlu disadari bahwa dengan selesainya kegiatan ini, bukan berarti kesempatan kalian untuk belajar sudah berakhir. Masih banyak kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan khususnya dibidang kewilayahan, baik melalui kegiatan membaca berbagai tulisan dan media, berinteraksi dengan lingkungan sekitar maupun diskusi atau ceramah yang diadakan oleh Satuan. (Lyn/Zeey)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *