Koramil 0824/05 Sumber jambe  Bersama Pihak Terkait Screening Terhadap Santi Yang Pulang Dari Pondok

by -17 views

 

 

JEMBER – Pada situasi darurat covid 19 seperti sekarang ini tidak hanya sekolahan yang diliburkan lebih awal, santriwan dan santriwati pondok pesantren pun mendapat masa liburan  jelang  Ramadhan dan Idul Fitri lebih awal, dari masing-masing Pondok Pesantrennya, dalam rangka mencegah meluasnya penularan covid 19 dilingkungan pondok pesantren.

Seperti yang dilakukan di wilayah  Koramil 0824/05 Sumberjambe yang melakukan screening terhadap para santriwati dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah  Situbondo dengan menggunakan satu unit bus, sebanyak 33 orang santriwati tersebut langsung diarahkan ke lapangan Desa Sumberjambe Kec Sumberjambe Kab Jember, untuk melakukan prosedur screening dahulu sebelum dijemput oleh keluarganya masing-masing.

Tim screening yang dipimpin langsung oleh Danramil Lettu Inf M Hari Yuwono, bersama 3 orang anggotanya dan melibatkan pihak terkait lainnya diantaranya 7 orang anggota Puskesmas Sumberjambe, 3 orang anggota Polsek Sumberjambe, 3 orang  anggota Satpol PP Kec. Sumberjambe

Setibanya di lapangan Ds. Sumberjambe, seluruh barang bawaan santriwati dilakukan strerilisasi/penyemprotan menggunakan cairan Disinfektan oleh petugas medis dari Puskesmas Sumberjambe, Sebelum bertemu/dibawa oleh keluarga, seluruh santri tersebut dilakukan pemeriksaan dan sosilisasi terkait penanganan penyebaran virus Corona/Covid-19 oleh petugas medis, yang dipimpin langsung oleh drg. Ade selaku Kepala Puskesmas Sumberjambe.

Sebelum menemui keluarganya yang menjemput, Komandan Koramil 0824/Jember Lettu Inf M Hari Yuwono dalam arahannya  menyampaikan terima kasih kepada santriwati yang telah melalui screening dan tidak ada yang terdampak ,selanjutnya  santriwati boleh menemui keluarganya namun tetap  diwajibkan untuk sementara mengisolasikan diri dulu di rumah masing-masing selama 14 hari (Phsical Distancing),

Apabila mengalami  gejala panas, batuk pilek serta sakit tenggorokan agar segera menghubungi pihak medis atau memeriksakan diri ke Puskesmas Pembantu,  yang ada di wilayah Desa masing-masing atau langsung datang saja ke Puskesmas Sumberjambe. Pungkas Lettu Inf M Hari Yuwono.

Menyikapi kegiatan tersebut Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami konfirmasi menyampaian, apresiasinya kepada jajaran yang dengan sigap bersama pihak terkait mengambil langkah-langkah pencegahan meluasnya penularan covid 19 tersebut, dengan melakukan screening terhadap warga yang datang dari luar kota, termasuk santriwati Pondok Pesantren Salafiyah Sayafiiyah tersebut.

Sejak beberapa hari yang lalu memang banyak santriwan dan santriwati pondok pesantren yang dipulangkan lebih awal, dalam rangka liburan menyambut Ramadhan dan mengantisipasi penularan covid 19 ini, demikian halnya dari Pondok Pesantren di Wilayah Kabupaten Jember, juga meliburkan para santrinya sehingga mereka dipulangkan ke daerah asalnya, dan semua jajaran juga melakukan screening tersebut terhadap mereka yang datang dari luar kota. Kata Komandan Kodim 0824/Jember.  (Siswandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *