KPU Kabupaten Nias Melakukan Kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi SIAKBA Tahun 2024

Nias l Jejakkasus.info – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024, KPU Kabupaten Nias melaksanakan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA)  yang bertempat di Gedung Howu-Howu Desa Lasara Idanoi Kecamatan Gido Kabupaten Nias, dengan mengundang peserta yang  terdiri dari unsur Pemerintah, Partai Politik, Organisasi kemasyarakatan/keagamaan/kepemudaan/kemahasiswaan, Perguruan Tinggi,Tokoh Masyarakat, LSM dan Pers, Selasa (15/11/22).

Kegiatan Sosialisasi dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Nias yang diwakili oleh Elisati Zandroto, yang dalam sambutannya menyatakan bahwa sistem perekrutan Badan Adhoc Tahun ini berbeda dengan sistem perekrutan tahun sebelumnya karena saat ini perekrutan Badan Adhoc telah menggunakan teknologi informasi berbasis web yang bersifat online.

Pada sambutannya, Bupati Nias yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa & Politik Kabupaten Nias Foarota Laoli, MH menyampaikan peran dukungan serta fasilitasi pemerintah dalam pelaksanaan pemilu dan pemilihan tahun 2024 di Kabupaten Nias.

” Suksesnya penyelenggaraan pemilu tidak hanya tanggungjawab dari penyelenggara Pemilu, tetapi menjadi tanggungjawab kita semua masyarakat,” ucapnya.

Selanjutnya Narasumber sosialisasi yang juga merupakan Kordinator Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Nias Sitori Mendrofa, memaparkan proses penggunaan SIAKBA yang nantinya dapat mempermudah pelamar untuk mendaftarkan diri menjadi anggota PPK maupun PPS karena sistem perekrutan sudah melalui teknologi informasi yang bersifat Online. “SIAKBA ini berguna dalam mengelola data dan dokumen administrasi secara berkelanjutan” terang Sitori.

Kegiatan pelaksanaan sosialisasi tersebut, operator SIAKBA, Yuliaman Zandroto turut menjelaskan tutorial/tata cara penggunaan SIAKBA pada perekrutan Badan Adhoc, yang direspon dengan antusias oleh peserta rapat dengan berbagai tanggapan dan pertanyaan pada saat sesi diskusi dan tanya jawab.

Dalam penutupan sosialisasi ini,
Elisati Zandroto Anggota KPU Kabupaten Nias menyampaikan harapan agar peserta sosialiasi dapat menyebarluaskan informasi SIAKBA ini sehingga dapat menjangkau masyarakat secara umum. (TZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *