Kuwu Sudarmo : Kerja Nyata, Tidak Neko-Neko dan Berinovasi Tiada Henti

by -252 views

Jejakkasus.info | Provinsi Jabar – Kabupaten Cirebon –
Desa Muara terletak di wilayah Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Kepala Desa (Kuwu) Sudarmo mempunyai ciri khas dan dengan motto kerja nyata, tidak mau neko- neko dalam segala bidang juga hal lainnya.

Stikma yang terjadi dalam dalam masyarakat Desa Muara saat ini, Kuwu Sudarmo, beserta para Perangkat Desa adalah sosok- sosok figur yang berpikiran maju kedepan serta ‘Berinovasi Tiada Henti’ baik dalam segi pembangunan, infrastruktur, jalan gang, perbatasan, irigasi juga program- program keagamaan.

Saat Tim 9 Jejak Kasus Jabar berkunjung ke Kantor Kuwu Desa Muara, Jumat (29/3/2019) pukul 10.00 WIB. Kuwu Sudarmo terlihat selalu menerapkan kedisiplinan dan tata cara penempatan penampilan berpakian diterapkan dengan baik dan masyarakatnya dapat merasakan pelayanan yang maksimal, juga gotong royong yang kuat serta sistem keamanan yang stabil. Sehingga benar-benar merasakan kebersatuan dan merakyat. “Dalam menjalankan tugas sebagai seorang Kuwu, saya harus berhati-hati, karena sedang menjalankan suatu ‘Amanah Rakyat’ yang harus dijalankan dengan keikhlasan, agar mampu untuk mengayomi masyarakat secara adil dan makmur,” ujar Sudarmo.

Sudarmo telah berhasil memimpin masyarakat desanya, yang memiliki sejumlah prestasi. Berkat jasanya melakukan sejumlah gebrakan di pemerintahan.

Sedangkan untuk bidang kesehatan dan lingkungan menurut Sudarmo ia tetap memberikan sumbangsihnya terhadap biaya pengobatan masyarakat, disamping itu ia juga menyediakan gerobak sampah dan para pekerja pengangkut sampah selain dapat upah dari warga Desa Muara, ia juga memberikan upah sebagai perangsang terhadap pemungut sampah itu, agar para pekerja mendapatkan kesejahteraan yang layak.

Tentang pendidikan, Kuwu Sudarmo memberikan instruksi kepada Karang Taruna untuk mencatat masyarakatnya yang minim dalam ekonominya, berakibat anaknya mengalami putus sekolah.”Bagi yang putus sekolah yang sudah masuk data Karang Taruna maka kita bantu dengan program Paket C, B dan A,” tukasnya.

Disamping itu Sudarmo juga memberikan bantuan kepada sekolah seperti SD, Paud danTK setiap tahunnya serta guru honorer yang berjumlah 38 orang.

Kuwu Sudarmo tokoh yang disegani masyarakatnya. Serta komunikasi hanya berjalan satu arah. Sudarmo juga menggandeng pihak- pihak yang berpikiran maju kedepan dan transparansi.

Laporan: Caswila/Liman (Tim9)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *