Lembaga Aliansi Cegah Korupsi Desak Kejari Tangkap Koruptor Di Dinas Pendidikan

Tanggamus – Jejakkasus.info

Aliansi Pemuda Peduli Negeri (APPN) Laga Lampung, menyoroti hasil pembangunan dan rehabilitasi sejumlah bangunan sekolah dasar negeri yang menggunakan Dana Alokasi Khusus T.A. 2021.

“Pembangunan dan rehab bangunan SDN Tanggamus yang menggunakan Dana Alokasi Khusus T.A 2021 Dinas Pendidikan terlihat jelas secara jelas hasilnya secara teknis maupun material yang menggunakan bahan asal-asalan dibawah standar”, ungkap Ketua Umum Lembaga Aliansi Cegah Korupsi. Candra Setiawan kepada awak media Jejak Kasus, Jumat 31/12/2021.

Ditambahkan Candra Setiawan, diduga kuat diluar dari RAB, terlihat buruknya komposisi bahan bangunan diantaranya hasil wiplek KW3 yang sangat tipis atau dibawah standar dan rangka baja yang digunakan seharusnya 0.75 sesuai dengan SNI dan juknis pendidikan namun yang digunakan malah rangka baja oplosan sehingga diragukan tingkat ketahanannya. Masih banyak lagi bahan-bahan yang digunakan diduga dibawah standar SNI.

Seterusnya, dinding bangunan sekolah yang direhap hanya dicat saja sementara jelas-jelas semen plester dinding tersebut sudah banyak terkelupas.

“Kami duga kuat ini imbas dari adanya dugaan “Suap Setor Menyetor” atau “Fee” hingga 20 persen dari nilai pagu yang selama ini berlaku di Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus”, tambah Candra Setiawan.

Kami atas nama Lembaga Aliansi Pemuda Peduli Negeri (APPN) Propinsi Lampung dengan ini secara lugas menuntut kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tanggamus Dan Polres Kabupaten Tanggamus untuk memanggil dan memeriksa seluruh yang terlibat dalam pembangunan dan reahabilitasi DAK dinas pendidikan tahun anggaran 2021.

“Mengambil semua berkas atau dokumen segera dilakukan proses pemeriksaan, investigasi lapangan, audit dan penyelidikan hingga penyidikan. Tangkap dan penjarakan koruptor di Dinas Pendidikan kabupaten Tanggamus”, dan demo aksi damai akan kami lakukan kembali pada tanggal 7 Januari-2022,”tegas Candra

Penulis Bambang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *