Lima Kali Berturut-turut Pringsewu Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

oleh -286 views
Jejakkasus.info | BANDAR LAMPUNG – Untuk kelima kalinya Kabupaten Pringsewu memperoleh piagam penghargaan sebagai ‘Kabupaten Peduli HAM‘ dari Kementerian Hukum dan HAM secara berturut-turut. Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No.M.HH.04.HA.04.03 Tahun 2020 Tentang ‘Penetapan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia pada Tahun 2019’.
Piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H.Laoly ini diserahkan oleh Sekdaprov Lampung Ir.H.Fahrizal Darminto didampingi Kakanwil Kemenkum HAM Provinsi Lampung Danan Purnomo, SH, M.Si. kepada Wakil Bupati Pringsewu DR.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA pada acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia ke-72 di Kantor Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Lampung yang juga dihadiri oleh sejumlah kepala daerah penerima penghargaan, yang terhubung secara virtual dengan Kantor Kemenkum HAM RI di Jakarta, Senin (14/12/20).
Presiden RI Ir.H.Joko Widodo dalam sambutannya secara virtual dari Istana Kepresidenan mengatakan komitmen pemerintah dalam penegakan HAM, tertuang dalam Perencanaan Aksi Nasional HAM 2020-2025. Menurutnya, hak sipil, hak politik, hak ekonomi serta sosial budaya masyarakat harus dilindungi secara berimbang dan tidak ada yang boleh terabaikan.
Presiden juga mengajak semua pihak berperan aktif untuk menghormati dan memenuhi hak pihak lain. Dia meyakini hal tersebut akan membuat Indonesia menjadi negara yang lebih maju. Dengan meningkatkan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan HAM, kata presiden, maka Indonesia akan menjadi bangsa yang lebih beradab, tangguh, dan maju.
Lebih lanjut dikatakan, pemerintah tidak pernah berhenti untuk menuntaskan pelanggaran HAM masa lalu dan terus dilanjutkan agar hasilnya bisa diterima semua pihak, serta diterima dunia internasional. Selain itu, Presiden juga menekankan bahwa pembangunan infrastruktur juga harus memenuhi Hak Asasi Manusia, serta didedikasikan sebagai prasarana untuk menjamin keterjangkauan hak mobilitas, kesehatan, pangan, dan kebutuhan dasar masyarakat secara merata.
Sementara itu, Kakanwil Kemenkum HAM Provinsi Lampung Danan Purnomo, SH, M.Si. mengatakan pada tahun 2020 ini ada 259 kabupaten dan kota (50,4%) yang memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM, 6 diantaranya berada di Provinsi Lampung, yakni Pringsewu, Bandar Lampung, Metro, Lampung Selatan, Lampung Utara dan Tulangbawang. “Dari enam kabupaten dan kota tersebut, tiga kabupaten kota mampu mempertahankan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM secara berturut-turut, yakni Pringsewu, Tulangbawang dan Metro. Ini harus diapresiasi dan perlu menjadi contoh bagi daerah lainnya”, ujarnya.
Memperoleh piagam penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM untuk kelima kalinya secara berturut-turut, Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA mengaku bangga dan bersyukur, dimana keberhasilan tersebut menurutnya merupakan hasil kerja bersama yang sinergis diantara seluruh jajaran, baik pemerintah daerah, legislatif maupun yudikatif, serta semua elemen masyarakat Kabupaten Pringsewu.
(Bambang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *