LSM TOPAN – RI Kep.Nias Suratin Kasek SMAN 1 Mandehe Enonia Hia S.pd .Mpd Terkait Temuan BPK RI

Jejakkasus.info | Nias -, Nias barat ,Ketua LSM TOPAN – RI Arius Nazara, menyurati Kasek SMAN 1 Mandehe Enonia Hia S.pd.M.pd., terkait Temuan BPK – RI tahun anggaran 2020. 30 September 2022.

Surat tersebut di terima langsung oleh Kasek di ruang kerjanya Senin 26 September 2022, dan tanda terima surat di tanda tangani oleh KTU An.Seruan Jernihta H. Gulo .

Sebelumnya Senin 19 September surat ini sudah pernah di sampaikan di sekolah tetapi oleh kasek Enonia Hia meminta agar supaya di antar saat pulang dari Jakarta karena sedang mengikuti Dinas luar .

Adapun isi dari surat tersebut adalah “Meminta Penjelasan kepada Enonia Hia Atas Temuan BPK -RI tahun 2020″ melalui surat resmi kelembagaan dari LSM TOPAN – RI dengan nomor surat : 090/PW/TOPAN-RI Kep.Nias /IX/2022.

Di ruang kerjanya Enonia Hia sedikit menjelaskan bahwa ” memang betul ada temuan BPK di sekolah kami tahun 2020 tetapi sudah kami kembalikan ” tuturnya .
Saat ditanya apakah ada berita acara dan bukti resmi pengembalian, dan dikembalikan dimana ,Enonia menjawab “Ada tetapi tidak boleh kami beritahu tanpa Izin dari pimpinan kami Kepala Dinas pendidikan propinsi karena itu adalah “RAHASIA NEGARA” kilahnya.
Namun sambil mengambil beberapa lembaran kertas dan menunjukkan sekilas sambil berkata ” ini bukti pengembalian kami kepada Dinas, “tetapi saat tim LSM melihat dan mau membaca isi surat yang katanya bukti pengembalian, oleh Enonia Hia tidak boleh di baca dan di pegang suratnya ,apalagi di foto.”

Tim LSM Topan RI semakin curiga dengan sikap Enonia Hia ,katanya sudah mengembalikan ,tetapi kenapa tidak boleh dilihat dan tidak boleh di foto ‘?? Bukankah Tim LSM TOPAN RI menyurati Kasek Enonia Hia dengan surat resmi ,?? sekali lagi Enonia Hia berdalih ” Kami minta ijin dengan pimpinan kami dulu pak ,biar kami jangan disalahkan , (ucap Enonia ).

Pimpinan Wilayah LSM TOPAN – RI Kepulauan Nias menegaskan ” Bahwa mengacu pada UU no.14 tahun 2008 tentang KIP (Keterbukaan Informasi Publik ) maka seharusnya Enonia Hia harus transparan dan terbuka kepada LSM sebagai control sosial dan sebagai mitra pemerintah juga sebagai lembaga pengawasan .

LSM TOPAN RI meminta kepada Dinas pendidikan propinsi Sumatera Utara ,melalui Cabang Dinas Teluk dalam untuk melakukan pengawasan kepada setiap sekolah SMA /SMK di wilayah kerjanya dalam hal tertib administrasi dan tertib dalam penggunaan Dana Bos di setiap penarikan dan penggunaanya supaya sesuai dengan juknis dan juklak Bos reguler ,sehingga di kemudian hari tidak terulang kembali temuan – temuan BPK RI yang merusak citra dunia pendidikan

Apabila Kasek Enonia Hia tidak bisa memberikan penjelasan melalui surat resmi LSM TOPAN RI Kep.Nias maka Arius Nazara akan melaporkan Enonia Hia S.pd.M.pd kepada Aparat penegak hukum tegas Arius .

(TZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *