Luar Biasa dengan Kompak Desa Air Sempiang Ikut Serta Lomba Wisata Tingkat Provinsi 

Bengkulu l Jejakkasus.info – Perlombaan Desa wisata di adakan di Desa Air Sempiang, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, provinsi Bengkulu, di ikut sertakan mengikuti lomba Desa wisata tingkat Provinsi. yang di hadiri dewan juri dari Kemendes, Kementerian LHK, Asidewi provinsi, Profesor dari UNIB, Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta masyarakat.

Dalam perlombaan Desa wisata tingkat provinsi, ada tujuh kategori yang bakal dinilai. Diantaranya, daya tarik pariwisata meliputi keunikan, khas masyarakat, keotentikan, produk paket wisata. Lalu, soal lingkungan hidup atau eko wisata meliputi kesehatan, kebersihan dan lingkungan.

Selain itu, hal lain yang akan dinilai nanti yaitu soal suvenir. Suvenir ini harus mengedepankan kearifan lokal. Misalnya materialnya diambil dan bersumber dari lokal atau desa setempat, lalu desain nya harus desain lokal, dan memiliki nilai ekonomis.

Selanjut nya mengenai kelembagaan, juga harus ada desa wisata. Kelembagaan ini meliputi legalitas desa wisata. Maksud dari legalitas tersebut, adanya SK desa wisata yang dikeluarkan desa atau yang SK yang dikeluarkan kabupaten. Dan yang terakhir, desa wisata juga akan dinilai soal ketersediaan digital dan konten kreatif desa wisata.

“Sebagai desa wisata harus memiliki dan mengelola konten kretaif terdiri dari informasi profil desa. Lalu konten dari kreatifitas kearifan lokal desa stempat. Baik itu sejarah, filosofi dan budaya. Mudah -mudahan desa ini dapat memenangkan perlombaan desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu. Sampai nya.

Di tambah oleh Kades Mugianto saat di wawancarai oleh tim

” Syukur alhamdulillah di Desa kita dapat mengikuti perlombaan Desa Wisata dengan pengadaan perlombaan ini semoga Desa kita dapat memenagkan perlombaan, Kunjungan penilaian lomba Desa wisata yang masuk sepuluh besar, dengan terlaksana nya kegiatan ini semua tak luput dari dukungan dari warga. Mari kedepan kita jaga kekompakan bersama demi memajukan desa kita. Pungkas kades.

(Yadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *