Luar Biasa Kekompakan Desa Kandang Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan Pengelolaan Dana Desa

Jejakkasus.info | Bengkulu – Pemdes Kandang, Kecamatan Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, menggelar pelatihan aparatur pemerintah desa setempat untuk pengembangan kapasitas pengelolaan keuangan desa secara baik dan tepat.

Pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan tugas pokok serta fungsi (tupoksi) aparatur pemerintah desa tersebut, berlangsung di Desa Setempat.

Hadir pada kegiatan tersebut.Kepala Bagian Hukum Irwan Syayuti SH, MH, Kepala seksi Bidang transmigrasi dari Dinas PMD Karmolis, ST, Ajun Jaksa Tomy Novendri SH, Mkn, Camat Seberang Musi Gunawan Supriadi, S. Ip, Kepala Desa serta Perangkat Desa serta peserta lainnya.

Dalam sambutannya, Camat Seberang Musi Gunawan Supriadi, S.lP memafarkan dengan nada jelas dan tegas.

Pelatihan bagi aparatur Desa pada hari ini adalah sangat penting untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perangkat desa dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pembantu Kepala Desa dalam penyelenggaran pemerintahan desa yang sukses.

“Diharapkan pelatihan ini bisa memberikan pemahaman para aparatur desa Kandang dalam rangka penyelenggarakan pemerintahan desa yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, outpot dari kegiatan ini diharapkan seluruh perangkat desa yang mengikuti pelatihan dapat memahami tugas, tu pokai nya dan kewenangansehingga kegiatan pemerintahan desa dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada, guna mencapai kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi serta pembangunan merata. ” Sampai nya.

Kepala Seksi transmigrasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tulungagung Karmolis ST, dalam sambutannya menyampaikan tata cara serta menerapkan kinerja aparatur perangkat desa Tanggung yang sesuai dengan APBDes, yang betul betul di jalani sesuai dengan tupoksinya masing masing,” ungkapnya.

Lanjut kata beliau, berharap kepada perangkat Desa Kandang kedepan agar makin di tingkatkan pelayanan terhadap masyarakat serta realisasi pengembangan dan kemajuan Desa, dalam realisasi yang sudah di jalani, sesuai dengan Kemendagri Nomer 84 tentang administrasi pelayanan terhadap masyarakat, juga nomer 20 tentang mengesekusi APBDes yang selama ini sesuai dengan aturan, berharap semoga kedepan perangkat Desa bisa lebih di tingkatkan pelayanan kepada masyarakat serta bisa mengembangkan perekonomian serta aset Desa,” pesan nya.

Sementara itu Kepala Desa Idansyah menyampaikan, peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa memiliki peran yang strategis juga sebagai kunci keberhasilan pembangunan ditingkat desa. Selain itu, peningkatan kapasitas ini dilakukan untuk mengimbangi dinamika dan perkembangan masyarakat yang ada ditingkat pedesaan.

“Tanpa ada upaya tersebut mustahil pembangunan akan berhasil mengingat keterbatasan sumber daya yang ada ditingkat desa, khususnya kemampuan aparatur pemerintah desa dalam pembangunan. Kegiatan pelatihan bagi perangkat desa ini merupakan salah satu kegiatan pemerintah Desa Kandang yang begitu penting untuk pengelolaan keuangan desa kedepannya,” terangnya.

Masih kata beliau untuk mengajak kepada peserta pelatihan yang terdiri dari perangkat desa, BPD dan LPM Desa Kandang untuk lebih meningkatkan tupoksinya agar terwujud kemajuan bagi masyarakat dan desa Tanggung. “Mari kita bersama-sama meningkatkan kapasitas dan tupoksi masing-masing dalam rangka memajukan desa ini serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat diwilayah desa kita ini,” sampai nya. ( Yadi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *