Malam Tahun Baru, Polres Bojonegoro Bakal Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Bojonegoro l Jejakkasus.info – Kawasan Alun-alun Kota Bojonegoro dan jalan protokol Kota Bojonegoro diprediksi berpotensi rawan pengunjung di malam tahun baru nanti.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bojonegoro melakukan rekayasa arus lalu lintas (Lalin) di kawasan Kota Bojonegoro dan Alun-alun Kota Bojonegoro untuk mengantisipasi kepadatan pada malam perayaan Tahun Baru 2022.

Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia melalui Kasat lantas Polres Bojonegoro, AKP Rizal Nugra Wijaya, menjelaskan, rekayasa lalu lintas akan terfokus di sekitar kawasan Alun-alun Kota Bojonegoro dan jalan protokol Kota Bojonegoro yang diprediksi akan ramai pengunjung.

Lanjut AKP Rizal Nugra Wijaya menjelaskan untuk kawasan Alun-alun Kota Bojonegoro dilakukan penutupan segala aktivitas dan hiburan. Penutupan tersebut merupakan tindak lanjut dari Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021, tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022. Penutupan dilakukan pukul 17.00 Wib, mulai tanggal 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Penutupan itu merupakan upaya dari jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bojonegoro untuk mencegah terjadinya kerumunan di Malam Tahun Baru yang bisa menimbulkan penyebaran Covid-19.

“Kita fokuskan rekayasa lalin di sekitaran Alun-alun Kota Bojonegoro. Penutupan Alun-alun mengacu pada Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021,” kata AKP Rizal Nugra Wijaya kepada awak media diruang kerjanya.

Rizal menambahkan penutupan ruas jalan pada malam Tahun Baru nanti yakni jalan KH. Hasyim Ashari, jalan Mastumapel tepatnya di Pos 8.0, jalan Panglima Sudirman sisi barat serta tepatnya di depan Rumah Sakit Bhayangkara (RSB), serta jalan Panglima Sudirman sisi timur tepatnya di Pos Diponegoro.

Pihaknya juga akan menempatkan personel Satlantas dan Polsek di perbatasan masuk Kota Bojonegoro untuk mengantisipasi rombongan atau konvoi yang akan masuk Kota Bojonegoro. Selain itu, personel Satlantas juga ditempatkan di perempatan jembatan Sosrodilogo, di Taman Rajekwesi dan di Taman Lokomotif untuk mengantisipasi kerumunan masyarakat atau pembatasan mobilitas warga.

Satlantas juga melaksanakan koordinasi dengan Kodim 0813/Bojonegoro, Dinas Perhubungan Bojonegoro terkait pengamanan arus lalin pada malam pergantian Tahun Baru nanti.

“Kita harap kepada masyarakat tidak bepergian atau membuat acara di luar rumah yang dapat menimbulkan kerumunan di tengah pandemi Covid-19. Saat ini kita masih berdampingan dengan virus Corona, kapan dan dimana kita terpapar virus juga tidak tahu maka dari itu patuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah,” tandas Rizal.

Kasat Lantas, AKP Rizal Nugra Wijaya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan komunitas otomotif untuk tidak melakukan kopi darat (kopdar) atau berkumpul pada hari pergantian tahun. Lebih baik dirumah saja.

“Masyarakat kami imbau agar di rumah saja, tidak perlu keluar rumah. Rayakan tahun baru atau euforianya di rumah saja, udah aman itu,” pungkas pria lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 2012. (Heri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *