Mantan Kades Kiham Batang Diduga Menggunakan DD untuk Kepentingan Pribadi

oleh -24 views
Mantan Kades Kiham Batang, Kecamatan Katingan Hulu, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, Honda. (Foto: Istimewa)

Katingan l Jejakkasus.info – Mantan Kepala Desa (Kades) Kiham Batang, Kecamatan Katingan Hulu, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, diduga menggunakan Dana Desa (DD), untuk kepentingan pribadi.

DD senilai delapan persen dari APBDes yang peruntukannya untuk penanganan Covid-19.

Tidak jelas pertanggung jawabannya. Selain itu, sisa lebih anggaran tahun 2020 senilai Rp100 juta kurang jelas pengunaannya.

Informasi terhimpun, Rabu (21/7/2021), dana penanganan dibawa mantan Kades Kiham Batang Honda.

Padahal, masa jabatan Honda telah berakhir.

Yang cukup menarik, penundaan pembayaran tahap dua dan tiga, atas pekerjaan jalan tembus jalan menuju Kecematan Katingan Hulu, ternyata anggarannya ludes, kendati dalam laporan pertanggungjawaban telah dipergunakan untuk pembangunan jalan tembus, tetapi sumber pembantaian menerima aliran dana.

Terkait permasalahan itu Honda membantah.

Ia menjelaskan, memang ada membawa uang kas desa, meskipun telah berakhir masa jabatannya.

“Permasalahannya saya sibuk berurusan dengan Kejaksaan Tinggi dan Pengadilan Negeri Kasongan,” ujar Honda.

Honda mengatakan, DD itu untuk penanganan Covid-19, telah dibelanjakan dan barangnya dititipkan dengan pendamping lokal desa.

Mengenai sisa anggaran untuk pembayaran jalan tembus, Honda menyatakan, dana tersebut telah dialihkan untuk kegiatan lain.

“Perubahan anggaran jalan tembus menjadi pengadaan Listrik Tenaga Surya dan pembuatan tangga dermaga,” pungkas mantan Kades Kiham Batang Honda. (Limbad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *